Connect with us

Jakarta

Dewan Pers Berencana Akan Menyelenggarakan UKW se-Nusantara Secara Gratis

Redaksi

Published

on

 435 x dibaca

JAKARTA, Netralitasnews.com – Dewan Pers berencana akan menyelenggara kan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara gratis, yang akan di selenggara kan di 34 Provinsi di Indonesia, pada tahun 2021. Saptu, (10/01/2021

Rencananya, setiap Provinsi akan mendapat kuota 54 peserta. dan sebelum dilaksanakan uji kompetensi tersebut, para peserta itu akan diberikan pelatihan jurnalistik atau pra UKW terlebih dahulu.

Selain itu, dalam menggelar UKW serentak di seluruh wilayah Nusantara tersebut, Dewan Pers akan menggandeng beberapa Lembaga Uji UKW. seperti, PWI, IJTI, AJI dan LPDS, dan beberapa perguruan tinggi yang sudah terakreditasi dan juga terverifikasi keberadaannya di dewan Pers.

Adapun syarat-syaratnya untuk menjadi peserta menurut Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun menjelaskan, “sesuai dengan peraturan Dewan Pers, peserta boleh dari Perusahaan Pers yang belum terverifikasi faktual. tetapi, sudah memenuhi syarat UU Pers, sebagai berikut;

Pertama, perusahaan media tersebut harus memenuhi syarat sesuai pasal 1 angka 1, yakni sebuah lembaga perusahaan yang melakukan kegiatan jurnalistik.

Kedua, perusahaan media tersebut harus sesuai bunyi pasal 1 angka 2, bahwa perusahaan pers yang dimaksud adalah bersifat khusus tidak bercampur dengan usaha atau kegiatan lainnya.

Ketiga, perusahaan media dimaksud harus mengacu kepada ketentuan pasal 9 ayat 2 , yakni bahwa perusaahan tersebut memiliki badan hukum, PT., Koperasi atau Yayasan.

Keempat, perusahaan media tersebut harus mengacu kepada ketentuan pasal 12, dimana pada perusahaan media tersebut harus mencantumkan penanggung jawab, alamat redaksi dan harus berbadan hukum.

Menurut Hendri, terkait jumlah peserta sudah menjadi penetapan harus 54 orang dengan sembilan penguji.

Pelaksanaan akan memenuhi prosedur Kesehatan (Prokes). caranya dengan membagi dua kelompok kepesertaan.
yakni, satu kelompok maksimal 30 orang dengan lima penguji. sedangkan Kelompok lainnya 24 orang.” Jelasnya.

Direktur Utama PT. REVA MEDIA GRUP Evanisah menyambut baik kegiatan tersebut, menurutnya dengan adanya penyelengaraan Ujian Kompetensi Wartawan secara gratis oleh Dewan Pers. maka akan lebih banyak lagi melahirkan insan-insan pers yang memiliki keahlian khusus sebagai pewarta yang mumpuni di dalam bidangnya. hal ini tentu dapat menciptakan para Wartawan, Reporter menjadi lebih profesional, handal, dan lebih intelektualitas.

Sementara Itu, Redaktur IT. media Online Indonesia Rekamjejaknews.com, LIKWANYU juga menyambut baik akan program Dewan Pers, untuk menyelenggarakan UKW di 34 Provinsi secara gratis ini. menurutnya, emang sudah seharusnya para Wartawan, wartawati, Reporter media cetak dan Online semuanya di dalam berkarya telah lulus Uji Kompetensi Wartawan sebelumnya.

Dengan telah lulus uji kompetensi. maka, berbagai berita yang di publikasikan sesuai dengan karya jurnalistiknya ke masyarakat umum sudah pasti tidak di ragukan lagi, serta dapat mencerdaskan masyarakat publik sebagai pembacanya.

Akan hal itu, insan Pers harus mentaati, serta memahami kode etik jurnalistik sesuai dengan dasar Undang-undang nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers. “Tandasnya. (Intan Suweno).

Up Next

Jalan Sebelum Jembatan di Kelurahan Alun 2 Kecamatan PAU Kota Pagar Alam Amblas

jasa seosmm panelAPK
Don't Miss

Pekerjaan Jalan Lapen, Drainase Desa Air Pikat, di duga Sarat KKN