Connect with us

Advertorial

Pembangunan IPAL KOMUNAL di Kelurahan Jaya Loka Mencapai 70 %

Redaksi

Published

on

 1,012 x dibaca

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di kelurahan jaya loka kecmatan tebing tinggi, Kabupaten Empat lawang, Sumatera Selatan. sudah mencapai 70 %. Jum’at, (16/07/2021)

Bangunan ini merupakan sarana untuk mengolah limbah yang berbentuk cairan dan merupakan sebuah program berbasis sanitasi masyarakat (Sanimas). dari Kementerian PUPERA dengan sumber dana dari Islamic Development Bank (IsDB) digunakan secara bersama – sama dalam sebuah kawasan permukiman padat dengan kategori karena sanitasi tidak layak.

Komponen IPAL Komunal ini juga terdiri atas unit pengolah limbah, terdapat juga jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan, kemudian ada juga sambungan rumah tangga. disamping itu, program Kementerian PUPERA yang dikemas dengan sebutan Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) ini harus melibatkan masyarakat penerima manfaat yang berpenghasilan rendah (MBR) dan harus melibatkan kaum perempuan dengan sebutan lain Pengaeusutamaan Gender (PUG).

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Talang gunung jaya Burlian mengatakan di dalam pengelolaan ini saya Ketua, Tunarno Sekretaris,  Yunarlis bendahara, dan anggota. anggota ini dari keluarga penerima manfaat itu sendiri, ” ujarnya

Di dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan ini, ” sambungya, kita sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya dan sesuai dengan gambar, yang artinya mengikuti petunjuk teknis yang telah di tentukan oleh pihak pemerintah, di kerjakan secara HOK oleh warga masyarakat RT. 02 RW.03 Talang gunung Kelurahan Jaya loka, alhamdulillah bangunan ini sudah mencapai 70 %.

Berkat adanya kebijaksanaan dari bendahara yang kenal dengan orang tokoh bangunan sehingga bisa mengejar pekerjaan agar cepat selesai. dari 26 titik se Sumatera Selatan kita sudah selesai tahap 1 bahkan sudah mencapai 70 % dari masa kontrak kerja selama 90 hari. ” Bebernya.

Sekretaris kelompok swadaya masyarakat (KSM) menambahkan, keluarga penerima manfaat dari pembangunan ini berjumlah 37 unit rumah dari 95 KK. berkisar 30 % dari jumlah KK. ” singkatnya.

Salah seorang keluarga penerima manfaat (KPM) juga menuturkan, alhamdulillah kami banyak mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang mana telah membangun IPAL ini. banyak sekali manfaatnya diantaranya adalah :

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat makin baik, Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri nantinya bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing, supaya air limbah yang akan di alirkan ke sungai tidak tercemar lagi, Supaya Biota-biota yang ada di sungai tidak mati karena banyaknya bahan kimia yang ada pada limbah tersebut, lingkungan dan sumur tidak tercemar lagi. ” Jelasnya.

Ketua KSM Berharap semoga di dalam pengelolaan pembangunan ini dapat berjalan lancar, tanpa adanya hambatan apapun sampai selesai 100 %. sehingga bangunan ini dapat di manfaatkan oleh keluarga penerima manfaat. ” Tandasnya. (Adv)

Up Next

Penjabat Desa Nanjungan Realisasikan BLT-DD Tahap III Kepada 100 KPM

jasa seosmm panelAPK
Don't Miss

SMKN 2 Empat Lawang Adakan Kegiatan MOS, dan Belajar Masih Daring