Connect with us

Empat Lawang

Audience L-KPK Teritorial Sumatera Selatan di Dinas PUPR Berjalan Lancar

Published

on

 4,063 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com-Program pemerintah daerah dibidang pembangunan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat patut di apresiasi, namun sangat disayangkan di Kabupaten Empat Lawang ada pembangunan yang belum pro rakyat/gagal.

Pasalnya, salah satunya pembangunan SPAM (Saluran Persediaan Air Minum) di desa Tanjung Baru, Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. sangat disayangkan pembangunan tersebut di duga kuat gagal. Karena sedari tahun 2019, 2020 dan hingga sampai saat ini masyarakat tidak mendapatkan air bersih dari hasil bangunan ini.

Sementara itu, kepala desa Tanjung Baru sudah menyampaikan permasalahan ini ke dinas terkait namun terkesan tak diindahkan.

“Kami dari Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (LKPK) Teritorial Provinsi Sumatera Selatan bersama masyarakat hari ini menyampaikan aspirasi ini kepada pihak Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas PUPR, Dinas PERKIM, dan pihak aparat penegak hukum Polres Empat Lawang Daerah Sumatera Selatan.

Berharap kepada pihak pemerintah Kabupaten Empat Lawang agar segera mewujudkan aspirasi masyarakat desa Tanjung Baru untuk mendapatkan air PAM,” tegas Dirwaster (LKPK) teritorial Sumatera Selatan Ali Mu’ap.

Sambungnya, kegiatan selanjutnya hasil temuan tim investigasi (LKPK) Sumatera selatan menemukan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di desa Tanjung Raman.

Ironisnya, belum genap satu tahun pembangunan yang dianggarkan melalui APBD ini sudah rusak parah, diduga tidak berkualitas, kurang volume, mark Uf harga satuan dan terkesan tidak sesuai dengan perencanaan awal, ” bebernya

Imbuhnya lagi, “Kami mendesak Bupati Empat Lawang agar segera mencopot pejabat dinas terkait yang terlibat pembangunan (SPAM) desa tanjung baru dan rehabilitasi jaringan irigasi di Desa Tanjung Raman Kecamatan Pendopo, karena kuat dugaan telah terjadi indikaai korupsi.

Sementara itu, Plt. Dinas Perkim menanggapi aspirasi masyarakat desa tanjung baru yang baru dilantik awal bulan Januari 2021 ini. dirinya berjanji akan segera turun ke lokasi pembangunan (SPAM), serta akan menyelidiki langsung kelapangan agar segera bisa mewujudkan aspirasi masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Terpisah, Kepala dinas PUPR menanggapi “Pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di desa tanjung raman. sekarang kegiatan ini sedang di audit oleh BPK. kami akan segera turun ke lapangan,” singkatnya.

Kegiatan mediasi antara (LKPK) dengan pihak dinas PUPR, Dinas Perkim, ini berlangsung dengan di ruang rapat Dinas PUPR Empat Lawang. yang dihadiri oleh Kasat Intelkam beserta anggota Polres Empat Lawang, anggota TNI, Pol-PP, dan masyarakat. (Red)

Empat Lawang

Paripurna Istimewa HUT Empat Lawang, Para Tamu Undangan Kepanasan

Published

on

 287 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Empat Lawang ke 17 yang mana acara ini dilaksanakan setiap setahun sekali, namun sungguh disayangkan para tamu undangan tampak kepanasan, Rabu, (24/04/2024) 15:00 Wib.

Hal ini diduga karena AC yang ad di gedung serba guna milik pemerintah Daerah Kabupaten Empat Lawang tidak berfungsi mati total. sebanyak ± 20 AC hanya 3 AC yang hidup.

Menurut sumber beberapa Kepala Sekolah , ” kami mengalami panas yang luar biasa pada hari ini. AC digedung ini tidak berfungsi, ” ucapnya keluh sembari berkipas menggunakan bekas kotak snack

Sementara itu, Ketua LSM KPK DPC Empat Lawang Yulizar/Ateng sangat kesal setelah berada didalam GSG. karena sangat panas dirinya merasa didekatnya tidak ada AC yang hidup.

” Yaa saya merasa didekat saya tidak ada AC yang hidup, apakah kegiatan ini ada anggarannya, dan dimana dana perawatan gedung serba guna ini, ” Dirinya mempertanyakan.

Dengan adanya peristiwa ini semoga kedepannya tidak terjadi lagi hal yang serupa. ” Tukasnya. (@Red).

Continue Reading

Empat Lawang

4 Desa di Kecamatan Muara Pinang Bagikan BLT Serentak

Published

on

 333 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com4 (Empat) Desa di Kecamatan Muara Pinang yakni Desa Lubuk Ulak, Pajar Menang, Tanjung Tawang, dan Muara Pinang Lama bagikan BLT serentak Pada, Selasa (23/4/2024).

Penyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT)-DD Dana Desa Tahap Satu di tahun 2024 Sebanyak empat desa untuk dibagi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kegiatan tersebut, dihadiri pihak Pemerintah Kecamatan Muara Pinang, Bhabinkamtibmas, Kapolsek, PLD, PD, BPD, serta aparatur desa lainnya.

Adapun desa dan jumlah keluarga penerima manfaat tersebut.

– Abdul Sya’ari(Desa Lubuk Ulak)=19KPM dari Januari sampai April 4bulan sekaligus.

– Deni Harianto(Desa Pajar Menang)=19 KPM

– Milton(Desa Muara Pinang Lama)=20 KPM

– Julian(Desa Tanjung Tawang)=15 KPM

Kepala Desa di Empat Desa tersebut menjelaskan, bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dibagikan pada tahap awal adalah untuk pembayaran bulan Januari hingga bulan Maret Tahun Anggaran 2024.

“Adapun nilai BLT yang disalurkan adalah sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya dengan total 3 bulan sebanyak Rp. 900.000 per- KPM,” terang Kades.

“Realisasi ini sesuai petunjuk dari Dinas PMD, Camat, PD dan PLD, BLT DD ini tidak boleh ditahan-tahan harus segera kita salurkan dan penerima keluarga manfaat sesuai kriteria yang di tentukan oleh Kemendes PDTT No 7 tahun 2023, ” ungkapnya.

Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama-nama dan jumlah penerima BLT DD tersebut.

Kemudian menurut setiap warga penerima manfaat di ke empat Desa tersebut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kades atas bantuan yang telah diberikan.

Faizal Hendrawan, Camat Muara Pinang menyampaikan untuk penerima bantuan BLT-DD dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan digunakan/belanjakan untuk hal yang tidak penting.

Iptu, M.Indra Gunawan Menghimbau” untuk seluruh Desa yang ada di kecamatan muara pinang agar tetap menjaga keamanan, dan yang ingin membuat SKCK Polsek muara pinang siap melayani, tidak usah ke tebing lagi, ” pintanya.

“Kami dari Desa Lubuk Ulak, Pajar Menang, Tanjung Tawang dan Muara Pinang Lama, yang telah menerima bantuan BLT-DD ini, akan kami pergunakan sebaik mungkin dan kami bersyukur serta terima kasih kepada pak Kades, ” ucap warga di tiap Desa penuh rasa syukur ditutup dengan doa bersama.

Kegiatan pembagian BLT di masing masing desa berlangsung sukses. hingga selesai. (@5Naga-4L).

Continue Reading

Empat Lawang

APBN DD Ulak Mengkudu Selaras dengan Permendes PDTT No. 7 Tahun 2023

Published

on

 636 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com Kepala Desa Ulak Mengkudu Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, uraikan realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara dana desa (APBN DD) tahun anggaran 2024. yang selaras dengan Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2023, Minggu, (21/04/2024). 17.00 Wib.

Libraco Kepala Desa Ulak Mengkudu yang didanpingi isteri tercintanya sebagai ibu TP PKK Desa Ulak Mengkudu kepada pewarta menjelaskan, realisasi dana desa pada tahun ini adalah ;

Bidang pemberdayaan masyarakat Ketahanan Pangan yakni mulai dari pembersihan lahan untuk penanman jagung, dan kolam ikan desa, badan usaha milik desa (Bum-des) melanjutkan orgen tunggal sebelumnya, kendaraan angkutan desa, bidang kesenian budaya dzikir dan Robana beserta pembelanjaan costum, ” Jelasnya

Selain bidang pemberdayaan ada pembangunan jalan desa sebanyak 2 (dua) titik yang berlokasi di dusun 1 (satu), dusun 2 (dua), dan pembangunan drainase ” imbuhnya

Akan dilaksanakannya kegiatan ini  berdasarkan musyawah dusun dan musyawarah desa Mus-dus dan Mus-des sebelumnya. karena infrastruktur ini memang sangat di perlukan oleh masyarakat umum.

Pada tanggal 22 April besok insya Allah sudah titik nol dan pembangunan jalan sudah mulai di kerjakan, ” beber Libraco.

Hal ini selaras dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2023.

Dana Desa pada tahun 2024 diprioritaskan untuk Pembangunan Desa pemenuhan kebutuhan dasar; pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal,  dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, Pemberdayaan Masyarakat Desa, penyelenggaraan promosi kesehatan dan gerakan masyarakat hidup sehat PHBS, penguatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangu nan desa, pengembangan kapasitas ekonomi produktif dan kewirausahaan masya rakat desa, pengembangan seni budaya lokal, dan penguatan kapasitas masyarakat dalam rangka mitigasi dan penanganan bencana alam.

Jadi apa yang dilaksanakan di Desa Ulak Mengkudu pada tahun ini selaras dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2023 untuk skala proritas dana desa pada tahun anggaran 2024. ” Ungkap Libraco mengakhiri dengan senyum. (@Red).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!