Connect with us

Pendidikan

Meski ditengah Pandemi Covid-19 SMKN 1 Empat Lawang Tetap Upayakan Praktik

Published

on

 2,603 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com-Pandemi yang tengah melanda saat ini memang menjadi kendala untuk melakukan rutinitas sehari hari terutama bagi Pemerintah dan juga masyarakat.

Tidak hanya disektor Perekonomian saja yang terkena dampaknya melainkan juga disektor pertanian, pembangunan berikut pendidikan.

Namun, bagi SMK Negeri 1 Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. masih tetap dapat melakukan pembelajaran tatap muka bagi murid-murid belajar praktik, dan tidak lupa dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Kita tetap tatap muka seperti biasanya, tapi khusus yang praktik saja, lagi pula peserta didik perkelasnya itu dibatasi hanya 15 orang saja”, “tutur Syaiful  Kepala SMK 1 kepada awak Media beberapa hari lalu.

Adapun kejuruan Praktik yang tetap dilaksanakan diantaranya; Otomotif, Keperawatan, TKJ, Seni Industri kreatif, kesehatan dan pekerjaan sosial dan lain-lain

Syaiful juga menambahkan bahwa dirinya menjaga ketat “agar pesera didik tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan selalu terbiasa dengan pola hidup sehat”, “Tutup Syaiful. (Sadam/Korwil)

Jakarta

Program Baru KPK Tahun 2024, Kali ini Sasar Kepala Sekolah di Indonesia, Semua Siap-siap !

Published

on

 221 X dibaca hari ini

JAKARTA, Netralitasnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan Anti-Corruption Academy 2024 pada Juni mendatang.

Program ini bertujuan untuk melatih pendidik dalam mengimplemen tasikan pendidikan antikorupsi di tingkat satuan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Jejaring Pendidikan KPK Ramah Handoko dalam Webinar Implementasi Pendidikan Antikorupsi Jenjang Pauddasmen Batch 2.

“Ini adalah sebuah peningkatan kapasitas bagi pendidik, secara khusus untuk kepala sekolah, kepala madrasah, dan guru untuk bisa mengembangkan konsep implementasi pendidikan antikorupsi yang sesuai dengan strategi nasional yang sudah KPK susun,” jelasnya, seperti dikutip dari kanal YouTube KPK RI, Senin (18/3/2024).

Tahun ini, kegiatan tersebut akan mengusung tema “Mari Beraksi Membangun Sekolah dan Madrasah Generasi Antikorupsi”.

Dalam kegiatan tersebut, KPK bersinergi dengan seluruh provinsi hingga kabupaten/kota untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi di tingkat pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah.

Adapun KPK bermitra dengan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri untuk menerbitkan payung regulasi implementasi pendidikan antikorupsi.

Ramah berharap pendampingan ini dapat menjadi referensi bagi sekolah dan madrasah di Indonesia untuk melakukan implementasi pendidikan antikorupsi dengan tepat.

Lebih lanjut, Ramah mengimbau kepada setiap sekolah dan madrasah untuk melaporkan data baru implementasi pendidikan antikorupsi tingkat satuan pendidikan melalui modul monev pendidikan antikorupsi.

Sekolah bisa melakukan pelaporan melalui platform jaga.id, sedangkan untuk madrasah melalui platform EMIS Kementerian Agama.

Ramah menuturkan pengisian data tersebut bisa dilakukan hingga 30 April 2024.

Adapun peserta yang terpilih adalah satu sekolah dari setiap jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, serta satu madrasah dari setiap jenjang RA, MI, MTs, dan MA/K.

Jadi totalnya ada sembilan sekolah dan madrasah yang terpilih setelah data dari jaga.id dam EMIS Kemenag disaring dan dikurasi.

Selanjutnya, pihaknya akan menyampaikan pengumuman peserta sekolah dan madrasah yang terpilih pada 3 Juni 2024 melalui kanal resmi KPK.

Masing-masing sekolah akan diminta mengirimkan satu orang struktural dari unsur kepala sekolah atau salah satu wakil sekolah di bidang terkait, dan dua orang guru.

Ramah mengatakan sekolah yang terpilih akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan inti Anti-Corruption Academy 2024 secara gratis.

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK selama lima hari pada tanggal 24-28 Juni 2024.

Tahapan ini akan menajamkan kegiatan implementasi pendidikan antikorupsi sekolah atau di madrasah agar menjadi lebih efektif, tepat sasaran, dan berdampak.

Harapannya, akan terjadi pengembangan karakter integritas peserta didik, pengembangan budaya integritas sekolah, dan pembangunan ekosistem sekolah yang berintegritas.

Lalu tahapan pendampingan akan dilakukan di sekolah dan madrasah masing-masing peserta dalam rentang waktu tiga bulan pada Agustus-Oktober 2024.

Ramah menegaskan semua kegiatan dalam rangkaian Anti-Corruption Academy 2024 mulai dari sosialisasi hingga pendampingan tidak dipungut biaya. (@RLS/RED).

Continue Reading

Empat Lawang

Membangun Akhlak Mulia: Kajian Islam di SMKN 1 Empat Lawang Mengusung Tema “Adab-adab Penuntut Ilmu”

Published

on

 517 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG // Sum-Sel, Netralitasnews.com – SMKN 1 Empat Lawang menggelar kajian Islam yang memberikan fokus utama pada adab-adab penuntut ilmu, dengan tujuan mendukung pembentukan karakter siswa yang berintegritas dan berkualitas. (03/11/2023).

Acara yang dihadiri oleh siswa dan guru ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks proses pembelajaran.

Kajian yang berlangsung di aula sekolah ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan dari Kepala Sekolah, Dr.Panyahuti, M.Si.M.Pd.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya membekali siswa dengan adab-adab penuntut ilmu sebagai dasar utama dalam meniti jalan pendidikan.

Mengambil tema “Adab-adab Penuntut Ilmu,” kajian ini menghadirkan pembicara ahli di bidang keilmuan Islam.

Pembicara tersebut memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana adab dan etika seharusnya menjadi bagian integral dari setiap langkah yang diambil oleh penuntut ilmu.

Sesi kajian dibagi menjadi beberapa bagian, termasuk diskusi interaktif, tanya jawab, dan simulasi situasi kehidupan sehari-hari. Peserta kajian, baik siswa maupun guru, aktif berpartisipasi dalam mendiskusikan berbagai adab yang harus diterapkan oleh penuntut ilmu dalam berbagai situasi.

Salah satu peserta kajian, menyatakan, “Kajian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang betapa pentingnya memiliki adab yang baik dalam mengejar ilmu. Saya merasa terinspirasi untuk menjadi penuntut ilmu yang berakhlaq mulia.”

Kajian Islam ini diakhiri dengan doa bersama dan harapan agar nilai-nilai keislaman yang diperoleh dapat menjadi panduan dalam membentuk karakter yang kokoh di kalangan siswa SMKN 1 Empat Lawang.

Dengan penyelenggaraan kegiatan semacam ini, sekolah berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan pribadi yang baik dan berkualitas di tengah-tengah peserta didik. (@Red).

Continue Reading

Empat Lawang

Proses Pemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMKN 1 Empat Lawang

Published

on

 457 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG // Sum-Sel, Netralitasnews.com – Suasana penuh semangat dan demokratis menyelimuti SMKN 1 Empat Lawang dalam “Pesta Demokrasi” yang dihelat untuk menentukan calon ketua dan wakil ketua OSIS periode mendatang, (30/11/2023).

Acara ini menjadi tonggak penting dalam kehidupan sekolah, menunjukkan komitmen siswa untuk turut serta dalam pengelolaan organisasi sekolah.

Proses pemilihan dimulai dengan tahap kampanye, di mana para kandidat aktif memperkenalkan diri, menyampaikan visi-misi, dan berinteraksi langsung dengan seluruh siswa. Berbagai poster, spanduk, dan leaflet kampanye menghiasi koridor sekolah, menambah semaraknya suasana.

Hari pemilihan menjadi puncak dari rangkaian kegiatan, di mana seluruh siswa diberikan hak untuk memilih calon yang dianggap mampu memimpin OSIS dengan baik. Petugas pemilihan yang terdiri dari guru dan siswa senior dengan cermat mengawasi jalannya proses pemungutan suara.

“Partisipasi siswa dalam pemilihan ini sangat tinggi, menunjukkan antusiasme dan semangat demokrasi yang kuat di kalangan pelajar SMKN 1 Empat Lawang,” ujar Dr.Panyahuti,M.Si.M.Pd.T.
Hasil pemilihan kemudian diumumkan dalam acara penutupan di aula sekolah.

Sorak sorai menggema ketika nama calon ketua dan wakil ketua OSIS terpilih diumumkan. Mereka akan memegang tanggung jawab besar untuk mewakili suara siswa dan memimpin berbagai kegiatan di sekolah.

Calon ketua terpilih, Jella Yunki Zunesti, menyampaikan rasa terima kasihnya dan komitmen untuk bekerja keras mewujudkan ide dan harapan seluruh siswa.

“Saya berjanji akan bekerja sama dengan wakil ketua, OSIS, dan seluruh siswa untuk menciptakan lingkungan yang positif dan membangun lebih banyak program yang bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Pesta Demokrasi ini bukan hanya sebagai ajang pemilihan, tetapi juga sebagai pembelajaran bagi siswa tentang nilai-nilai demokrasi, partisipasi aktif, dan tanggung jawab sebagai anggota komunitas sekolah. SMKN 1 Empat Lawang berharap hasil pemilihan ini dapat membawa manfaat positif dan memperkaya pengalaman pembelajaran siswa di sekolah. (@Red).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!