Connect with us

Advertorial

DEWAN PENDIDIKAN Empat Lawang Kunjungi SMPN 1 Ulu Musi, ini Penyebabnya

Published

on

 3,968 X dibaca

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.comKetua Dewan Pendidikan Kabupaten Empat Lawang Nurdin HS dan rombongan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang yang diwakili oleh Haniran selaku kasi peserta didik mengunjungi SMPN 1 Kecamatan Ulu Musi Empat Lawang, sabtu (26/6/2021).

Dalam rangka Kunjungan kerja ini begitu banyak materi binaan yang disampaikan olehnya serta beberapa materi juga disampaikan oleh pihak Dinas.

Mulai dari Kegiatan belajar dan mengajar (KBM), Pencegahan Covid-19 (Penerapan Prokes Dengan Maksimal) dan juga cara menjalin kemitraan yang baik terhadap pihak Media dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nurdin HS memaparkan satu persatu.

Mulai dari pembukaan, penyampaian materi hingga sesi tanya jawab acara sosialisasi kunjungan kerja Dewan Pendidikan ini berjalan khikmat.

Tidak hanya dihadiri oleh MKKS SMP saja juga MKKS SD dan Kepala Sekolah SD/SMP sekecamatan Ulu Musi hadir dalam Kegiatan yang berlangsung meriah ini.

Dalam pidatonya Nurdin Hs menyampaikan, “Kita bekerja ini harus sama-sama, bekerja sama, tidak bisa sendiri-sendiri, karna hasilnya nanti juga kita nikmati sama-sama”, ” ajak Nurdin kepada beberapa Kepala sekolah yang hadir.

Selain itu dirinya juga mengingatkan kepada kepala sekolah agar tidak lalai didalam melakukan pencegahan terhadap Pemaparan (Covid-19) khususnya diperkarangan sekolah.

“Saya tekankan terapkan protokol Kesehatan dengan maksimal, disiplinkan murid-murid untuk menggunakan masker, sediakan alat mencuci tangan sediakala. sebab kita harus sama-sama menjaga agar Kabupaten Empat Lawang ini jangan sampai zona kuning, apa lagi sampai merah, karna ancamannya KBM dengan tatap muka, kasihan murid tidak bisa belajar dengan maksimal,” tegasnya.

“Apa Lagi yang baru masuk kelas satu tatap muka tidak boleh , nah mampus lah kita, “ujarnya, sebab pendidikan adalah nomor satu dalam menjaga generasi penerus bangsa” tambah Nurdin.

Semetara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rita Purwaningsih melalui Haniran kasi peserta Didik menyampaikan, beberapa materi hasil dirinya pelatihan kedaerah pusat beberapa waktu lalu.

Diantaranya adalah “Assessment” yaitu penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa.

Sementara Ketua Komite SMPN 1 Ulu Musi, Ahmad Maulana dalam pidatonya menyampaikan bahwa Komite dan Pihak Sekolah wajib bekerja keras, jika menginginkan Sekolah dibangun dan menjadi lebih baik lagi , dan tidak mengutamakan sumbangan untuk membangun sekolah.

“Sampaikan apa yang dibutuhkan sekolah kepemerintah daerah, provinsi maupun pusat, kami sendiri tidak mengutamakan sumbangan untuk membangun sekolah, karna dengan begitu pembangunan sekolah akan menjadi lebih maksimal”, ” tegasnya.

Kepala SMPN1 Ulu Muhamad Al Afit, M.Pd dalam kesempatan ini menyampaikan Kepada Dewan Pendidikan dan juga Pihak Dinas serta pihak Media, Mengenai program Indonesia Pintar dalam hal ini (KIP) agar masyarakat mengajukan langsung melalui Pemerintah Desa dan meneruskannya ke Dinas Sosial dan Instansi terkait, tidak mengusulkan melalui seokolah.

“PIP itu diajukan oleh pemerintah Desa, bukan pihak sekolah, karna kami hanya melaksanakannya saja”, tutur Afit.

“Dengan demikian Pemerintah dapat dengan maksimal menentukan siapa yang berhak menerima, jika namanya sudah terdaftar maka realisasinya kami yang mengurus”, tambahnya lagi.

Sebagai penutup Afit berharap dengan adanya Kegiatan ini bisa membuat kita semua terutama pihak sekolah dapat melaksanakan Pendidikan dengan lebih baik lagi. ” Pungkasny (Sadam H/Adv)

Advertorial

Rapat Paripurna HUT ke – 15 Kabupaten Empat Lawang Berlangsung Meriah

Published

on

 614 X dibaca

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com  Dalam rangka memperingati hari jadi ke-15 tahun Kabupaten Empat Lawang berlangsung meriah. pada Rabu, (20/04/2022). Pagi.

Rapat paripurna ini di selenggarakan di Gedung serba guna milik Pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

Rapat Paripurna ini dihadiri oleh orang nomor satu di Provinsi Sumatera Selatan, H. Herman Deru, SH., MM bersama rombongan.

34 Anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang, Wakil Bupati Yulius Maulana, ST, Dandim 0405/Lahat, Kajari Empat Lawang, Wakapolres Empat Lawang, Kepala Dinas, Staf Ahli, pendiri IKL4L, juga turut hadir utusan dari pemerintah Kabupaten tetangga seperti Muara Enim, Lahat, Kepahiang, Muratara dan pejabat kabupaten lainnya.

Pada ulang tahun ke – 15 Kabupaten Empat Lawang ini,
Gubernur Sumatera Selatan mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kabupaten Empat Lawang.

Gubernur Herman Deru  memberikan bantuan senilai 135 miliar Bantuan Gubernur (Bangub). dirinya juga mengapresiasi Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad, S.Si., SH., MM.,MH. atas kemajuan pembangunan di Kabupaten Empat Lawang.

Bentuk apresiasi juga diberikan kepada tim penggerak PKK atas minimnya angka stunting di Kabupaten Empat Lawang, terkhusus Dinas Kesehatan yang membanggakan. dari peringkat ketiga terbawah capaian vaksin menjadi peringkat ketiga teratas se – Sumatera Selatan.

” Saya tadi sebelum take off terlebih dahulu menyuruh pilot untuk memutar untuk membuktikan pembangunan di Empat Lawang yang katanya sudah mengalami kemajuan, dan terbukti pembangunan di Kabupaten Empat Lawang sudah mengalami banyak kemajuan, ” ujar Herman Deru.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad juga menyampaikan pujian atas kepemimpian Herman Deru yang begitu banyak berjasa bagi Kabupaten Empat Lawang.

Karena berbagai bantuan infrastruktur yang diberikan oleh Herman Deru kepada masyarakat Kabupaten Empat Lawang. diantaranya, Jembatan Ayek Bayau, Normalisasi sungai musi, akses jalan, dan berbagai infrastruktur lain di Kabupaten Empat Lawang.

” Popularitas Bapak Gubernur luar biasa tinggi di kabupaten Empat Lawang, jika pilihan Gubernur dilakukan Desember 2021, untuk wilayah Kabupaten Empat Lawang saya pun kalah, yang mana menurut survei LSI popularitas Bapak Herman Deru mencapai 48 persen sedangkan saya cuma 28 %, ” Jelas Joncik Muhammad.

Sejak tahun 2019 hingga tahun 2021 bantuan Gubernur ke Pemkab Empat Lawang selalu meningkat, dan tahun ini insya Allah akan naik lagi, ” Ujarnya.

Di mulai pukul ± 10:00 Wib acara rapat Paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Empat Lawang berlangsung meriah, kondusif. ditutup oleh Ketua DPRD Empat Lawang dan diakhiri dengan do’a. (Adv).

Continue Reading

Advertorial

110 Calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD Desa Benuang Galing di Tetapkan

Published

on

 733 X dibaca

KEPAHIANG, Netralitasnews.comPemerintah Desa Benuang Galing Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu laksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus)Penetapan Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD tahun anggaran 2022. Selasa (01/03/2022).

Hadir dalam acara ini Kepala Desa Benuang Galing Heri Salmon., S.Sos, Camat Seberang Musi yang di wakili oleh Yes Asri, Ketua BPD dan anggota, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, PPDI, pendamping PKH, Perangkat Desa Benuang Galing, BMA, Imam, dan keluarga penerima manfaat lainnya, yang kegiatan ini di laksanakan di kantor Desa Benuang Galing.

Di kesempatan ini Kepala Desa Benuang Galing Heri Salmon., S. Sos memaparkan “hari kita mengadakan musyawarah desa khusus validasi, finalisasi dan penetapan data keluarga calon penerima BLT-DD tahun 2022, semoga acara kita dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan rintangan dan penetapan ini sudah kita tetapkan sebanyak 110 Keluarga penerima Manfaat (KPM)

Tambah Kades “dengan telah di tetapkannya calon penerima manfaat ini kami berharap agar dapat di manfaatkan sesuai dengan ketentuan yang ada”. Ungkapnya.

Yes Asri menyampaikan “saya mewakili dari kecamatan menyampaikan dengan di tetapkannya calon penerima manfaat BLT-DD ini harapan kami tidak ada pendataan yang tumpang tindih, agar supaya masyarakat Desa Benuang Galing ini dapat merasakan bantuan yang lain”, Tegasnya

Lanjut ketua BPD Erpan Dwi Putra SH, “Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah desa benuang galing ini yang mana telah dapat bekerja sama di dalam pendataan keluarga penerima manfaat (KPM) khususnya kepada kadus, mulai dari kadus 1 sampai dengan kadus 5. dan saya selaku Ketua BPD menetapkan sebanyak 110 KPM BLT-DD.(Adv/YS).

Continue Reading

Advertorial

Pembangunan IPAL KOMUNAL di Kelurahan Jaya Loka Mencapai 70 %

Published

on

 1,998 X dibaca

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di kelurahan jaya loka kecmatan tebing tinggi, Kabupaten Empat lawang, Sumatera Selatan. sudah mencapai 70 %. Jum’at, (16/07/2021)

Bangunan ini merupakan sarana untuk mengolah limbah yang berbentuk cairan dan merupakan sebuah program berbasis sanitasi masyarakat (Sanimas). dari Kementerian PUPERA dengan sumber dana dari Islamic Development Bank (IsDB) digunakan secara bersama – sama dalam sebuah kawasan permukiman padat dengan kategori karena sanitasi tidak layak.

Komponen IPAL Komunal ini juga terdiri atas unit pengolah limbah, terdapat juga jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan, kemudian ada juga sambungan rumah tangga. disamping itu, program Kementerian PUPERA yang dikemas dengan sebutan Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) ini harus melibatkan masyarakat penerima manfaat yang berpenghasilan rendah (MBR) dan harus melibatkan kaum perempuan dengan sebutan lain Pengaeusutamaan Gender (PUG).

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Talang gunung jaya Burlian mengatakan di dalam pengelolaan ini saya Ketua, Tunarno Sekretaris,  Yunarlis bendahara, dan anggota. anggota ini dari keluarga penerima manfaat itu sendiri, ” ujarnya

Di dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan ini, ” sambungya, kita sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya dan sesuai dengan gambar, yang artinya mengikuti petunjuk teknis yang telah di tentukan oleh pihak pemerintah, di kerjakan secara HOK oleh warga masyarakat RT. 02 RW.03 Talang gunung Kelurahan Jaya loka, alhamdulillah bangunan ini sudah mencapai 70 %.

Berkat adanya kebijaksanaan dari bendahara yang kenal dengan orang tokoh bangunan sehingga bisa mengejar pekerjaan agar cepat selesai. dari 26 titik se Sumatera Selatan kita sudah selesai tahap 1 bahkan sudah mencapai 70 % dari masa kontrak kerja selama 90 hari. ” Bebernya.

Sekretaris kelompok swadaya masyarakat (KSM) menambahkan, keluarga penerima manfaat dari pembangunan ini berjumlah 37 unit rumah dari 95 KK. berkisar 30 % dari jumlah KK. ” singkatnya.

Salah seorang keluarga penerima manfaat (KPM) juga menuturkan, alhamdulillah kami banyak mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang mana telah membangun IPAL ini. banyak sekali manfaatnya diantaranya adalah :

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat makin baik, Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri nantinya bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing, supaya air limbah yang akan di alirkan ke sungai tidak tercemar lagi, Supaya Biota-biota yang ada di sungai tidak mati karena banyaknya bahan kimia yang ada pada limbah tersebut, lingkungan dan sumur tidak tercemar lagi. ” Jelasnya.

Ketua KSM Berharap semoga di dalam pengelolaan pembangunan ini dapat berjalan lancar, tanpa adanya hambatan apapun sampai selesai 100 %. sehingga bangunan ini dapat di manfaatkan oleh keluarga penerima manfaat. ” Tandasnya. (Adv)

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!