Connect with us

Kepahiang

Ini Nama-Nama Calon Penerima BLT-DD Desa Temdak

Published

on

 911 X dibaca hari ini

KEPAHIANG I BENGKULU, Netralitasnews.com- Jum’at berkah Pemerintah Desa Temdak Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu gelar Musdesus calon penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) Tahun anggaran 2023, Jum’at (10/02/2023).

Di musyawarah ini Kepala Desa Temdak Yoni Carles memaparkan bahwa Bantuan langsung tunai tahun ini ada pengurang sesuai dengan peraturan menteri pedesaan.

Adapun kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yakni, keluarga yang berdomisili di desa terutama keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal atau lansia, keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“Jadi sejauh ini bukan kami dari pemerintah Desa mengurangi penerima bantuan Dana Desa karena ini adalah aturan-aturan yang sudah ditentukan dari pusat yaitu Menteri Keuangan baik menteri Desa maupun Menteri Dalam Negeri”, Ucap Yoni Carles

Lanjut Yoni Carles “Kami memintak kepada masyarakat agar dapat memakluminya karena bukan bantuan BLT-DD saja yang ada melainkan banyak bantuan-bantuan yang lainnya dan kami perintah desa Temdak akan semampu kami agar masyarakat kita dapat merasakan bantuan dari pemerintah pusat seperti BPNT, BST dan lainya”, Ungkap Kades Dengan nada semangat

Tambah Camat Seberang Musi menyampaikan ” Ketika musdesus ini sudah di putuskan berarti sudah menjadi kesepakatan dan bukan dalam artian ini di tetapkan oleh kepala desa itu sendiri, jadi kami berharap kepada masyarakat khususnya desa temdak harus memahai juga karena ini sudah melalui tahap penyeleksian ,” ungkap Idris.

Sebanyak 20 KPM BLT-DD di tetapkan ini nama-nama penerima BLT-DD Tahun Anggaran 2023:
1. Saryanti 11. Noven
2. Karles 12. Anton pulungan
3. Sarkan 13. Ngatina
4. Musidayan 14. Trisno
5. Karyani 15. Sarmi
6. Tija 16. Joni
7. Sinawani 17. Untung wibowo
8. Rahmat 18. Candra joni
9. Sayani 19. Jupriyono
10.Pance 20. Sugeng

Dan Kegiatan ini berlangsung di kantor desa Temdak yang dihadiri oleh kepala desa Yoni Carles, BPD, pendamping desa lokal, pendamping kecamatan, TA kabupaten, Camat Seberang Musi Idris, Kasi PMD Darul Qutni, bhabinkamtibmas, babinsa, pendamping TKSK, pendamping PKH, tokoh agama serta masyarakat calon penerima bantuan langsung tunai. (YS/@Net)

Advertisement

Kepahiang

BLT-Desa Sungai Jernih Januari – Maret di Bagikan

Published

on

 132 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com pemerintah pusat melalui pemerintah daerah mengucurkan dana desa di tahun anggaran 2024 ini. dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat diperuntukkan untuk desa ya itu salah satunya untuk bantuan langsung tunai (BLT-DD) bantuan langsung tunai ini sudah dilaksanakannya mulai dari tahun 2019 sampai dengan sekarang.

Salah satunya yaitu pemerintah desa sungai jernih kecamatan seberang musik kabupaten kepahiang propinsi bengkulu hari ini tanggal 26 maret 2024 dilaksanakannya pembagian bantuan langsung tunai selama tiga bulan berturut-turut mulai dari januari sampai dengan maret

Besaran yang di terima selama 1 bulan yaitu Rp. 300.000/kpm dan jumlah penerima nya juga sebanyak 23 KPM jadi selamat tiga bulan mendapatkan Rp. 900.000 dan desa pun mengeluarkan anggaran sebesar Rp. 20.700.000

Sementara itu, kepala desa sungai jernih suryo purnomo menjelaskan bahwa bantuan langsung tunai sudah diterima oleh Kpm dan kami juga berharap kepada penerima bantuan langsung tunai ini agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin mengingat dan menimbang di tahun ini seluruh bahan pokok sangat melonjak

” Kami sebagai pemerintah desa sungai jernih sudah menjelaskan kepada penerima bantuan langsung tunai ini agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik- baiknya mengingat bahan pokok sekarang sangat melonjak jadi jangan sampai di gunakan yang tidak-tidak,” ungkap suryo

Kegiatan ini di laksanakan di balai desa sungai jernih dan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan. (@YS/Net).

Continue Reading

Kepahiang

Kegiatan Bulanan, Pemerintah Desa Babakan Bogor Laksanakan Posyandu

Published

on

 116 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com– Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat. Salah satu strategi yang dikembangkan pemerintah untuk mengendalikan penyakit tidak menular ini, kemudian dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Posbindu PTM ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Pemerintah desa Babakan Bogor Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang laksanakan kegiatan Posbindu. adapun jumlah sasaran berjumlah 70 orang, Selasa pagi (26/03/2024)

Pelaksanaan Posbindu PTM dilakukan oleh kader kesehatan dan di bantu oleh kader posyandu yang ada di desa babakan bogor ini sendiri, menurut kader posyandu Hariyani, kami melaksanakan posbindu ini setiap bulan.

Senada dengan kepala desa Babakan Bogor Giran, di laksanakannya kegiatan posyandu ini memang kami laksanakan setiap bulan sekali dan biasanya di laksanakannya setiap tanggal 26.

“Kami melaksanakan posyandu ini setiap bulan dan biasanya di laksanakan di tanggal 26 itupun kalu tidak bertepatan dengan hari libur”, ungkap kepala Desa

Posbindu meliputi pemeriksaan deteksi dini faktor risiko yang dilakukan dengan wawancara terarah melalui penggunaan instrumen atau formulir untuk mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular dalam keluarga yang telah diderita sebelumnya, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan.

Posbindu PTM Utama meliputi kegiatan posbindu PTM Dasar ditambah pemeriksaan gula darah, kolesterol total, trigliserida, pengukuran arus puncak ekspirasi. (@YS/Net).

Continue Reading

Kepahiang

10 KPM Bantuan Langsung Tunai Desa Cirebon Baru Telah di Tetapkan

Published

on

 710 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com – Seperti di tahun-tahun sebelumnya Pemerintah pusat melalui anggaran APBN mengucurkan anggaran dana desa ke setiap desa-desa yang ada di seluruh Indonesia ini untuk digunakan kepentingan yang ada di desa diantaranya yaitu BLT-DD.

Dalam bantuan tersebut Pemerintah sudah mengatur kriteria – kriteria yang mendapatkan bantuan ini, diantaranya yaitu miskin ekstrem, lansia, sakit menahun dan kriteria lainnya.

Pada hari ini Selasa 5 Maret 2024 pemerintah Desa Cirebon baru Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu melaksanakan verifikasi dan validasi BLT-DD tahun anggaran 2024, setelah melakukan verifikasi dan validasi Pemerintah desa Cirebon baru menetapkan sebanyak 10 KPM.

“Di sini kami menyaring ada beberapa kriterianya bapak/ibu sekalian untuk menerima bantuan, hal tersebut dan yang pertama miskin ektrim, punya penyakit menahun, lansia dan kriteria lainnya juga.

Ketahui dari 20 KPM tahun kemaren dan di tahun 2024 ada perubahan yang menjadi 10 KPM. karena diantara 20 KPM kemarin sudah mendapatkan bantuan lain dan sama-sama kita ketahui bahwa setiap bantuan yang di berikan oleh pemerintah pusat tidak boleh ganda”, Ungkap Topan Kepala Desa Cirebon Baru.

Di sampaikan juga Dedi Sukrizal Camat Seberang Musi bahwasanya Bantuan ini harus tepat sasaran jangan sampai salah penerimanya, dan di kesempatan ini juga Dedi Sukrizal menyampaikan tentang berakhirnya SK BPD Desa Cirebon dan beliau juga menyampaikan harus di laksanakan nya pembentukan panitia dan penerimaan calon Anggota BPD baru.

“Saya beritahukan kepada pemerintah Desa Cirebon Baru agar bantuan langsung tunai ini harus tepat sasaran sesuai dengan musyawarah yang telah di laksanakan sebelumnya, dan kami juga menyampaikan bahwasa nya SK BPD Desa Cirebon Baru ini akan berakhir jadi kami harap pemerintah desa harus melaksanakan pembentukan panitia dan penerimaan calon anggota BPD yang baru agar dapat di laksanakannya pemilihan”, jelas Dedi Sukrizal

Musyawarah verifikasi dan validasi Desa Cirebon Baru yang di laksanakan di balai desa berjalan sukses sesuai yang telah di inginkan bersama. (YS/@Net).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!