Connect with us

Empat Lawang

Warga minta Kantor Hukum BPS, Pertanyakan Laporan Dugaan Penipuan yang diduga Tidak Kunjung di Proses

Published

on

 967 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN,  Netralitasnews.com Warga Tebing Tinggi minta Kantor Hukum BPS,  Pertanyakan Laporan Dugaan Penipuan dan Penggelapan yang diduga Tidak Kunjung di proses oleh POLRES Empat Lawang. yang telah dilaporkannya pada tanggal, 09 Pebruari 2022 lalu. (24/04/2022).

Laporan warga menurut UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana.

Dalam Pasal 108 Ayat 1 – 3, setiap orang jika: mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik atau penyidik, baik lisan maupun tertulis, mengetahui permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana terhadap ketenteraman dan keamanan umum atau terhadap jiwa atau hak milik wajib seketika itu juga melapor kepada penyelidik atau penyidik, merupakan pegawai negeri dalam rangka melaksanakan tugasnya mengetahui tentang terjadinya peristiwa yang merupakan tindak pidana wajib segera melapor kepada penyelidik atau penyidik.

Polisi dilarang menolak laporan warga, Polisi yang menerima laporan pun tidak boleh mengabaikan atau meremehkan laporan yang dibuat warga,
hal ini dijelaskan dalam Pasal 15 Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri.

Dalam pasal tersebut, setiap anggota Polri dilarang :
menolak atau mengabaikan permintaan pertolongan, bantuan, atau laporan dan pengaduan dari masyarakat yang menjadi lingkup tugas, fungsi dan kewenangannya,
mencari – cari kesalahan masyarakat yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,
menyebarluaskan berita bohong atau menyampaikan ketidakpatutan berita yang dapat meresahkan masyarakat, mengeluarkan ucapan, isyarat atau tindakan dengan maksud untuk mendapatkan imbalan atau keuntungan pribadi dalam memberikan pelayanan masyarakat, bersikap, berucap dan bertindak sewenang-wenang,
mempersulit masyarakat yang membutuhkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan,
melakukan perbuatan yang dapat merendahkan kehormatan perempuan pada saat melakukan tindakan kepolisian,
membebankan biaya tambahan dalam memberikan pelayanan di luar ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun tugas polisi yang tertuang dalam Pasal 13 Tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah:
a. memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat b. menegakkan hukum
c. memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.
Karena itu pada asasnya hukum pidana haruslah merumuskan perbuatan yang salah dengan sangat presisi.  Karena hukum pidana bisa merampas tak hanya kemerdekaan warga Negara, tapi juga kekayaan, bahkan kehidupan.
Dalam kasus yang ekstrim, bahkan bisa memporak porandakan keluarga.

Sementara itu, praktisi hukum Atau Advokat dari kantor hukum BPS And Partners dalam hal ini mendapatkan keluhan dari warga Tebing Tinggi atas permasalahannya yang saat ini belum ditindak lanjuti oleh Polres Empat Lawang Polda Sumater Selatan. yang dalam hal ini laporan tersebut sudah masuk pada tanggal 09 Februari 2022 dengan Surat Tanda Terima Laporan Polisi No. B-18/II/2021/SPKT. SAT RESKRIM/SPK RES EMPAT LAWANG/POLDA SUMSEL, Dengan No. LP/B/18/II/2022/SPKT/POLRES EMPAT LAWANG/POLDA SUMATERA SELATAN/ Tanggal 09 Februari 2022.

Atas Nama Pelapor Tarmizi, Yang Beralamat Jl.Lintas Sumatera No.108 RT.02/ RW.08 Kelurahan Tanjung Kupang ,Kec. Tebing Tinggi,  Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan. yang dalam hal ini melaporkan persoalan atas dugaan pasal 372 dan 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap Inisial terlapor “F”.

” Kami Praktisi Hukum atau Advokat meminta tegas dan keras untuk penangan perkara jangan memberikan kesan ketidak seriusan pihak Polres Empat Lawang dalam proses penangan perkara tersebut yang mana paradigma masyarakat sudah menaruh tempat perlindungan diri dalam mencari keadilan di instansi kepolisian, karena Instansi kepolisian adalah wadahnya masyarakat dalam mendapatkan proses keadilan, ” pintanya.

Jadi kami mempunyai harapan kepada bapak Kapolres Empat Lawang, ” imbuhnya lagi, untuk memberikan ketegasan kepada bawahan untuk serius dan mempunyai sifat pengayoman serta pengabdian penuh kepada warga negara terkhusus masyarakat dilingkungan sekitar dalam persoalan hukum yang dimaksud.

Dalam hal ini kami juga meminta kepada Kapolda, untuk memonitoring perkara perkara yang ada ditingkat polres khususnya polres Empat Lawang. agar proses laporan yang sifatnya LP maupun DUMAS agar tidak dipersulit. dan esensinya adalah masyarakat hanya meminta kepastian hukum terkait laporan yang mereka laporkan, apakah bisa diproses atau tidak. jika bisa maka lakukanlah sepenuh hati untuk memberikan keadilan bagi pencari keadilan atau pelapor, apabila tidak maka berikanlah kepastian atas laporan tersebut, jangan sampai pelapor menungggu yang tidak pasti, tanpa ada kejelasan terhadap permasalahan yang dialami oleh setiap warga yang melapor. ” Beber BPS.

Sementara terpisah, Kapolres Empat Lawang Melalui Kasat Reskrim di konfirmasi Vi’a Phoncell belum menjawab telephone. dikonfirmasi Vi’a Aplikasi Online WhatsApp membalas, Masih proses penyelidikan oleh unit pidsus.

” Masih penyelidikan oleh unit Pidsus, ” balasnya singkat.

Dilain sisi, Adi Iskandar Kepala Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. ketika dikonfirmasi dikediamannya beberapa menit lalu menjawab, terkait hal itu ditemukan dulu masing-masing pihak yakni penjual, pembeli, dan saksi. nanti akan tahu ketika sudah di pertemukan. ” pungkasnya. (Tim/Red)

Rls : BPS
Redaktur : Tim IT Netralitasnews
Penanggung Jawab : Redaksi.

Empat Lawang

TINGKATKAN SANPRAS, DISDIKBUD EMPAT LAWANG BANGUN RKB SMPN 2 LINTANG KANAN

Published

on

 58 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com Sebagai fasilitas belajar mengajar yang utama dalam satuan pendidikan sarana dan prasarana mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

Sebesar Rp.48 milliar dana alokasi khusus (DAK) Fisik Kabupaten Empat Lawang terealisasi ditahun ini demi terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan.

Salah satu sekolah penerima proyeksi kontruksi tersebut yakni SMPN 2 Lintang Kanan yang saat ini tengah dibangun ruang kelas belajar (RKB) baru.

Sebanyak dua ruang yang mana tahap pembangunannya saat ini tengah mencapai 50% pengerjaan.

Pengawas lapangan Nirwan menuturkan ” pihaknya akan memberikan Kualitas pembangunan yang terbaik”.

“Sesuai spesifikasi proyeksi pembangunan sebagai bentuk dukungannya dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Empat Lawang menuju Empat Lawang MADANI”, tuturnya.(@Sadam). 

Continue Reading

Empat Lawang

Tingkatkan Minat Baca Personilnya, Polres Empat Lawang Sediakan Perpustakaan Keliling

Published

on

 187 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG L SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.comGuna meningkatkan minat baca Personilnya, Polres Empat Lawang bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah Empat Lawang melakukan kegiatan Pustaka keliling.

Bertempat di halaman Mapolres Empat Lawang. Pada Selasa (06/09/2022) Pukul 09.30 WIB s/d selesai.

Kedatangan Perpustakaan Keliling di Polres Empat Lawang disambut dengan antusias oleh Para Personil Polres Empat Lawang.

Wakapolres Kompol Hendri, S.H beserta Para PJU Polres Empat Lawang juga ikut serta membaca di Perpustakaan Keliling ini.

Buku-buku yang dipamerkan sangat bervariasi, mulai dari buku sejarah, keagamaan serta buku pelajaran.

Kegiatan yang disebut Polisi belajar ini, bertujuan ntuk membentuk Sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan profesional dalam menjalankan tugas – tugas kepolisian dan permasalahan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Empat Lawang AKP M. Aidil Fitri, S.H., M.M mengatakan dengan kegiatan yang dilaksanakan dapat menumbuhkan semangat para Polisi dalam membaca, ” Tukasnya. (Rls/Red).

Continue Reading

Empat Lawang

Harga BBM Resmi Naik, Polres Empat Lawang Laksanakan PAM diSPBU Wilayah Tebing Tinggi

Published

on

 284 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG l SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com  – Pada hari sabtu (03/09/2022) Presiden Jokowi Resmi umumkan kenaikan BBM melalui Menteri ESDM Arifin Tafsir pada konferensi pers di istana negara pukul 14.30 WIB.

Kenaikan harga BBM subsidi Pertalite dari harga Rp. 7.650/liter naik menjadi Rp. 10.000/liter. Sedangkan untuk solar naik menjadi Rp. 6.800 dari harga sebelumnya Rp. 5.150 per liter.

Pemerintah juga menyesuaikan harga Pertamax dari harga sebelumnya Rp. 12.500 naik menjadi Rp. 14.500 per liter.

Dengan diberlakukannya kenaikan BBM tersebut, Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno, M.M beserta jajarannya gerak cepat.

Dan langsung menerjunkan anggotanya untuk memantau dan mengamankan SPBU di wilayah hukum Polres Empat Lawang.

Selain itu, juga dilaksanakan Patroli – Patroli Sat Lantas agar terjaga kondisi di SPBU yang kondusif.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, semua SPBU Kondusif. Karena dalam pemantauan ini Kapolres Empat Lawang tampak turun secara Langsung ke SPBU.(Rls)

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!