Connect with us

Empat Lawang

8 Bulan Beroperasi Ternyata Yayasan Miftahussyifa diduga Belum Mengantongi Izin

Published

on

 2,095 X dibaca

EMPAT LAWANG, NN.comYayasan MIFTAHUSSYIFA yang bergerak dibidang Pengobatan Alternatif atau Pengobatan Tradisional , membuka praktik di Gang Garuda Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan diduga belum memiliki izin praktik baik dari Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang maupun terdaftar di Kesbangpol. Yayasan ini juga tidak bekerjasama dengan bidan atau puskesmas setempat dalam melakukan praktiknya. Dalam menggunakan alat kesehatan mereka lakukan dengan otodidak tanpa dibekali pelatihan khusus dan alat terapy lainnya tidak juga di kalibrasi. Padahal pasien terlihat sudah cukup banyak setiap harinya , karena praktik yayasan ini beroperasi sejak 8 (Delapan) bulan.

Menurut sumber dari masyarakat kelurahan pasar Ilir Kecamatan Tebing tinggi, sebelumnya dirinya berkunjung ke pengobatan alternatif tersebut sempat berbincang-bincang kepada Pimpinan Cabang Yayasan Miftahussyifa inisial “R” , terkait tentang methode pengobatan. karena hendak mengobati ibunya yang sedang sakit. Namun dalam dialog tersebut “R” belum memberikan kejelasan seputar legalitas dan methode pengobatan yang mereka lakukan ini.

Sementara itu terpisah, “R” pimpinan cabang Yayasan MIFTAHUSSYIFA ketika dikonfirmasi tim media Netralitas, BIN, dan SBP.com menjelaskan, ” Yayasan Kami ini bernama MIFTAHUSSYIFA yang berkantor pusat di Provinsi Bengkulu, dengan salah satu dari metode Pengobatannya adalah Bio Energi. Yayasan Miftahussyifa Pusat beralamat Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Sedangkan izin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang sudah diurus sekitar satu bulan ini, baru tahap kunjungan lapangan guna verifikasi pertama.

Untuk berkas penting Yayasan MIFTAHUSSYIFA sudah di serahkan baik
Kepada RT, RW dan Surat Pengantar dari Lurah Tanjung Makmur
sudah di serahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang.

Pengobatan memasang baner dan plang di sejumlah tempat. Menerima pasien dari berbagai kalangan masyarakat baik laki-laki dan perempuan dengan berbagai keluhan penyakit. Jadwal buka praktik Yayasan ini mulai pagi hingga sore hari dan semua terapist-Nya adalah laki-laki. Tertulis pada baner di ruang tamu mulai dari terapy Bio Energi, Gurah mata, Bekam, bahtera Pijat refleksi.

Menurut keterangan dari mantan pasien berinisial “B” warga Kelurahan Pasar Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang dari pengalaman dirinya saat menjadi pasien “Saya di terapy di ruang seperti kamar dan Saya duduk diatas hambal agak basah, menggunakan alat berupa hambal, terlihat dialiri medan listrik yang tegangannya diatur dengan alat sehingga bisa besar kecil tegangan, lalu kaki saya terasa ada getaran listrik yang terhubung ke tubuh Saya”. ” Tukasnya.

Hasil dialog tim lapangan Netralitasnews.com mengenai legalitas dan sertifikasi Terapist tidak dapat di ambil photonya dengan alasan tidak boleh diambil gambar, menurut “R” pimpinan Yayasan tersebut “SK semuanya dipusat karena kita hanya di cabang, sertifikat yang ada dari pusat, sertifikat pelatihan satu sertifikat, dan surat perintah tugas cuma satu. sedangkan yang bertugas menangani pasien ada lima orang. ” Untuk penanganan yang menangani 3 orang, Saya sendiri, mas Anam, dan Mas Agus” tambahnya.

Praktek pengobatan ini libur hari Jum’at jadi buka 6 hari , dengan jumlah pasien kadang 10 orang kadang lebih, gak tentu mas , sistem sukarela juga membayar jasa Kami “. ” ungkap “R”

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Empat Lawang melalui Kasubag Informasi & Humas Yuyun Trimansyah , S.Kep., Ners. ,Menguraikan, mengenai mekanisme perizinan yang seharusnya dilakukan terkait dengan Kesehatan Masyarakat. “Silahkan ditanyakan langsung kepada Kasi SDK dan Kasi Pelayanan Kesehatan”. Tim lapangan didampingi langsung Penasihat media online Netralitasnews bertemu langsung dan sempat menanyakan sejauh mana proses perizinan Yayasan MIFTAHUSSYIFA.

Kasi Pelayanan Kesehatan , Intan Sari Dewi , S.Kep.,Ners., menyampaikan sudah berkunjung dan melihat langsung ke tempat praktik Yayasan MIFTAHUSSYIFA bersama rekan dan pihak Puskesmas. ” Menindaklanjuti Surat Pengajuan Izin dari Yayasan MIFTAHUSSYIFA ini , Kami 2 (dua) orang dari Dinas Kesehatan bersama 1 (satu) orang dari PUSKESMAS Tebing Tinggi , melakukan kunjungan lapangan melihat langsung guna memverifikasi serta melakukan tinjauan lapangan, banyak hal yang belum memenuhi persyaratan untuk memberikan rekomendasi perizinan yang dimaksud , sertifikasi terapist juga tidak lengkap , seperti Bekam dan lain sebagainya, jadi hanya terapy Pijat Refleksi yang sudah ada sertifikasi”. ” Ungkapnya.

Bahkan disampaikan juga langsung Kasi Pelayanan Kesehatan , saat kunjungan melihat ada pasien wanita sedang ditangani di bilik bertirai hanya berdua saja dengan terapist. dirinya menegur agar tidak menangani pasien wanita tanpa didampingi suami atau saudara. ” Saya tegur langsung Pak saat itu juga, agar jangan melanggar etika. karena Yayasan ini memakai nama Islam seharusnya ‘kan sesuai ajaran Islam”. ” tambahnya.

Kasi. Sumber Daya Manusia Kesehatan , Helda Rahmi , SKM., via telephon memberikan penjelasan bahwa sejauh ini baru melakukan kunjungan dan mempelajarinya terlebih dahulu terkait Perizinan Yayasan Miftahussyifa . ” Kami baru tahapan kunjungan lapangan untuk membuat rekomendasi jika memang tidak memenuhi syarat maka Kami juga belum akan mengeluarkan rekomendasi secara resmi”. Katanya.

Terpisah Sekretaris Lurah merangkap PLT. Lurah Tanjung Makmur , Saipul, SE saat disambangi menjelaskan sudah memberi arahan dan teguran. “Apabila Yayasan Miftahussyifa tidak meng indahkan dan menganggap sepele hal ini maka Kami juga dari Pemerintah Kelurahan tidak segan untuk menghentikan kegiatan Yayasan ini sementara menunggu proses perizinan selesai.” ungkapnya.

Saipul, SE menambahkan jika Yayasan ini ternyata sulit dibina atau diarahkan, agar kiranya pimpinan yayasan ini untuk dapat bekerjasama dengan baik dan apabila mereka tidak taat hukum serta aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, terlebih lagi ada komplain dari pihak manapun maka sudah seharusnya Yayasan ini segera berbenah diri, dalam memberikan pelayanan dengan baik apabila ada tamu baik dari masyarakat biasa, rekan media dan LSM ataupun Instansi Pemerintah. Jangan sampai membuat keresahan masyarakat yang dapat memicu konflik lebih luas lagi.

Tim dari reporter Netralitasnews , Suplan dan Sekretaris Redaksi Netralitasnews pernah 2 (dua) kali menyambangi tempat praktik Yayasan Miftahussyifa. Untuk menelusuri informasi yang berkembang ditengah masyarakat luas terkait Praktik Pengobatan dari Yayasan Miftahussyifa yang diduga Ilegal ini.

Alhasil tim dari Media Online Netralitasnews, Beritainvestigasi nasional.com dan Sergapbuserpos.com dilarang mengambil gambar ruang praktik dan tidak boleh mengambil Photo kelengkapan berkas baik berupa piagam pelatihan berupa sertifikat keahlian dan legalitas yang mereka miliki dengan alasan dokumen tersebut bersifat intern atau privasi.” Jangan di Foto mas , silahkan dibaca saja ” ungkap Ramadani saat konfirmasi di tempat Praktiknya.

Sampai berita ini tayang, tim belum bertemu Camat Tebing Tinggi untuk mengkonfirmasi hal ini. (Tim Redaksi)

Empat Lawang

Pem – Des Batu Jungul Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 2 Bulan

Published

on

 310 X dibaca

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Taslim Kepala Desa Batu Jungul Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang. Salurkan BLT DD dua bulan yakni februari dan maret 2022. pada hari Jum’at, (13/05/2022) pukul 10 : 00 WIB.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Batu Junggul ini dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan, PD, PLD, Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa, keluarga penerima manfaat & tak luput hadir beberapa awak media.

Sebanyak 91 keluarga penerima manpaat terima bantuan langsung tunai dana desa yang di serahkan langsung oleh Kepala desa batu jungul.

Kepala desa batu jungul Taslim melalui phone cell kepada media ini mengatakan, BLT DD bulan januari 2022 sudah di salurkan sebelum hari raya idul fitri 1 syawal 1443 H. pada saat itu kas BANK kosong maka keluarga penerima manpaat hanya dapat menerima Rp. 300.000,- namun akan dilanjutkan usai lebaran.

” iya benar, BLT DD bulan januari 2022 sudah di salurkan kepada keluarga penerima manpaat sebelum hari raya idul fitri 1 syawal 1443 H. sehubungan pada saat itu kas BANK kosong maka keluarga penerima manpaat hanya menerima Rp. 300.000,- dulu dan akan dilanjutkan usai lebaran ini, ” terangnya.

Pada hari ini, 13 Mei 2022 kembali kami salurkan kepada 91 keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa sebesar Rp. 600.000,- / KPM, ” Imbuhnya

Jadi bantuan langsung tunai dana desa telah disalurkan yakni bulan Januari, sebelum idul fitri sebesar Rp. 300.000,- / KPM ditambah dengan hari ini untuk bulan februari dan maret sebesar Rp. 600.000,- total Rp. 900.000,- / KPM. ” Bebernya.

Kepala desa baru jungul berharap semoga bantuan ini dapat bermanfaat dengan sebaiknya dan dapat menjadi baroqah. ” Pungkas ” Taslim. (Red).

Continue Reading

Empat Lawang

Bupati Empat Lawang Lantik Sekda Definitif Serta Para Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrasi

Published

on

 396 X dibaca

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN – Netralitasnews.com – Pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Pejabat pimpinan tinggi Pratama dan pejabat Administrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang bertempat di gedung serbaguna, Kamis (12/5/2022).

Jabatan Sekda Kabupaten Empat Lawang sudah hampir Dua Tahun kekosongan jabatan Sekertaris Daerah (Sekda) definitif, sebelumnya jabatan Sekda Empat Lawang dijabat oleh Pj Sekda Indera Supawi. Tepatnya pada hari ini Sekda definitif akan dilantik lansung oleh Bupati Empat Lawang.

Acara pelantikan inipun terlihat dihadiri oleh Ketua DPRD Persi SE, Kapolres Empat Lawang AKBP Patria Yudha Rahadian, SIK, Dandim 04/05 Lahat, Kejari Empat Lawang serta para Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad dalam pidatonya menyampaikan bahwa dirinya banyak mempertimbangkan hal dalam mengangkat Sekda Empat Lawang ini, mulai dari Kapasitas, kapabilitas, prestasi serta loyalitas nya.

“Pak Fauzan ini orang baru, tapi stok lama. banyak yang ikut asessmen tapi hanya satu yang terbaik. Sekda itu disamping harus menghimpun juga menjadi perekat, karena fungsi ASN harus mempersatukan bangsa. Jadi tugas sekda itu berat, kalau administrasi itu pak Sekda, pak Bupati tidak perlu lagi memikirkan itu,” Kata Joncik.

Masih Dikatakanya, Disisa jabatan ini tugas Bupati dan Wakil Bupati turun kebawah untuk mengecek bagaimana keadaan rakyat. Apalagi Pilkades serentak ini merupakan ujian pertama bagi Sekda Empat Lawang yang baru dilantik.

“Kita turun bersama Forkopimda, apalagi kita ada agenda besar yaitu Pilkades serentak tanggal 28 Juni mendatang, ini tanggung jawab kita bersama Forkopimda. Saya yakin pak Fauzan ini disiplinnya luar biasa, beliau alumni IPDN. Ini salah satu pertimbangan saya menunjuk pak Fauzan sebagai Sekda Empat Lawang,” pungkasnya.

Joncik pun mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik, serta berharap bagi pejabat yang di rotasi maupun belum terpilih untuk tidak berkecil hati. ia juga berpesan agar dalam memegang jabatan untuk selalu amanah, lebih mengutakaman kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi maupun keluarga.

“Selamat kepada para pejabat yang dilantik, semoga bisa bekerja dengan baik sehingga cita-cita saya bersama pak wabup untuk mewujudkan Empat Lawang MADANI semakin dipermudah,” sampainya.

Sementara Kepala BKPSDM Soleha Apriani menyampaikan sebanyak 4 orang eselon 2, 24 orang eselon 3 serta 23 orang eselon 4 dilantik hari ini, harapan saya semoga pejabat yang di lantik bisa menjalankan tugas sesuai dengan baik.

“Hari ini diadakan pelantikan Sekretaris Daerah, karena seperti kita ketahui sudah lama jabatan sekda di isi oleh Plt, untuk kedepan pasti ada pelantikan lagi namun itu menunggu arahan dari Pak Bupati,” ungkapnya saat dibincangi wartawan. (Rls)

Continue Reading

Empat Lawang

Mantan Kades Paduraksa Terindikasi KKN Hingga Miliaran Rupiah, LSM GERHANA Resmi Adukan Oknum ke – POLDA SUM-SEL

Published

on

 683 X dibaca

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN – Netralitasnews.com – Berdasarkan dari laporan masyarakat bahwa adanya dugaan penyalahgunaan Bantuan Langsung Tunai dana desa (BLT-DD) dan KKN dana desa sejak tahun 2017 di Desa Paduraksa Kecamatan Sikap dalam, Kabupaten Empat Lawang pada hari minggu (01/05/2022).

Menindak lanjuti laporan masyarakat tersebut TIM Investigasi LSM GERHANA INDONESIA melakukan penelusuran kelapangan, alhasil benar adanya ditemukan dugaan penyalahgunaan bantuan langsung tunai dana desa tahun 2022.

Tak hanya itu, lebih mirisnya lagi terdapat KKN dana desa sejak dari tahun 2017 hingga tahun 2022 ini. adapun item indikasi KKN tersebut sebagai berikut :

1). APBN DD Tahun 2022 tahap 1 (satu) bantuan langsung tunai dana desa sebesar Rp. 900.000,- / KPM. Ironisnya bagi keluarga penerima manpaat (KPM)  di sumpah untuk memilih calon Kepala desa Berinisial “A.S.H” dan BLT yang diberikan sebesar Rp.450.000,- / KPM.

2). APBN DD Tahun 2019 yang salah satu itemnya untuk mengrehab jembatan gantung. akan tetapi  terkesan di selewengkan. pasalnya lantai jembatan tersebut hanya  menggunakan papan, yang mana semustinya menggunakan plat border.

3). APBN DD tahun 2021 jalan rabat beton yang tidak bisa di temukan titik posisinya atau terindikasi (fiktif).

Ketua umum LSM GERHANA Inuar Ependi, SH saat di konfirmasi beliau akan mengawal pengaduan ini.

” Saya sendiri yang kawal aduan dari anggota saya ke POLDA Sumatera Selatan dari pusat. kerena jelas tembusannya ke POLRI langsung, ” Tulis Inuar melalui  WhatsApp.

Terpisah Ketua LSM Gerhana Provinsi Sumatera Selatan melalui Ketua LSM Gerhana Kabupaten Empat Lawang saat di MAPOLDA Sum-Sel menjelaskan, bahwa mereka sudah mengadukan mantan kepala desa tersebut ke POLDA Sumatera Selatan pada hari ini (11/05/2022)

” Iya benar, kami sudah mengadukan mantan Kepala Desa paduraksa ke POLDA,  dan  kami harap untuk masyarakat desa paduraksa untuk bersabar kita lihat hasilnya dulu dan jangan dulu untuk melakukan aksi unjuk rasa. karena ini suda di serahkan ke aparat penegak hukum, ” Jelas Cenci Riestan.

Adapun bukti yang kami lampirkan dalam aduan ini adalah, gambar fisik pembangunan jembatan, serta pernyataan 270 orang masyarakat desa paduraksa. ” Ungkapnya.

Sementara itu Mantan kepala desa paduraksa inisial ” A.S.H” belum berhasil dikonfirmasi terkait adanya indikasi KKN dalam pengelolaan APBN DD, yang berpotensi merugikan keuangan negara hingga patut diduga keras telah terjadi mall praktek korupsi ratusan juta hingga miliaran rupiah dengan secara sengaja dilakukan oleh oknum mantan kepala desa. 

Sementara terpisah, Bidang Direktorat Intelkam Polda Sumatera Selatan akan segera menindak lanjuti pengaduan ini. ” Tegasnya. (Red).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!