Connect with us

Lahat

Antusias Masyarakat Menghadiri Maulid Nabi Muhammad ﷺ di Masjid Al-Huda Sido Makmur

Published

on

 1,221 X dibaca,  12 X dibaca hari ini

LAHAT, NN.com – Maulidurrosul yang digelar di Masjid Al-Huda Desa Sido Makmur Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. bakda Sholat Jum’at (29/10/2021), dimulai sekira pukul 13 : 30 WIB. dalam acara ini tampak antusias masyarakat dengan ramainya menghadiri khususnya kaum hawa ibu-ibu jama’ah taklim. baik dari Desa Sido Makmur sebagai tuan rumah maupun jamaah taklim dari desa sekitar.

Liputan media ini yang terlihat hadir ada yang dari Desa Saung Naga, Singapura, Unit I Suka Bakti , Unit II Darma Raharja, Wonorejo, bahkan ada dari rombongan jamaah taklim dari Kelurahan Tanjung Kupang Talang Banyu Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Berjalannya acara ini cukup Meriah dan tetap khidmad meskipun suasana masjid penuh sesak. akan tetapi antusiasme masyarakat terlihat ramai hingga membludak sampai ke teras masjid.

Sebelum acara dimulai Rombongan Hadroh Al-Huda dan Al Jannah menghibur menyambut tamu dengan iringan lagu Qasidah Religius dan Sholawat Nabi Muhammad SAW.

Turut Hadir dalam peringatan Maulidurrosul dan memberikan sambutan antara lain : Penceramah Ustadz Arif Rachman , S.Pdi. , Kapolsek Kikim Barat IPTU Edy Sam Putra Harahap, SH. , Camat Kikim Barat Darwis Salim, SE., MM., Kepala Desa Sido Makmur Ahmadi sebagai tuan rumah, Perangkat Desa dan Ketua BPD Sido Mamur , Tokoh masyarakat serta tokoh agama dan beberapa rekan media online.

Menurut Kepala Desa Sido Makmur Ahmadi menuturkan dirinya sangat bahagia, _” semestinya acara keagamaan seperti ini lebih sering diadakan untuk mempererat tali silaturahmi, namun sudah sejak 2 tahun terakhir ini tidak dapat diselenggarakan karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir, ” terangnya.

Ditambahkan oleh Pak Ahmadi, sebagai inisiasi terselenggaranya acara ini digagas oleh Tim Penggerak PKK POKJA I Bagian keagamaan. beliau juga menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasihnya kepada seluruh panitia yang sudah menyiapkan hingga acara ini berjalan dengan baik sesuai harapan, serta mengajak jamaah semua agar bisa menyimak ceramah dengan seksama agar dapat mengambil hikmah ilmu yang disampaikan nantinya oleh penceramah ustadz Arif Rachman , S.Pdi.

Sambutan pertama oleh bu Fatimah selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua jamaah taklim, dirinya menyampaikan banyak terima kasih dan memohon maaf kepada seluruh tamu undangan yang hadir di Masjid AL-Huda apabila keadaan kurang layak dan masih banyak kekurangan disana-sini.

Kapolsek Kikim Barat IPTU Edy Sam Putra dalam sambutan singkatnya menghimbau kepada seluruh jamaah taklim untuk tetap meningkatkan iman dan taqwa, mengajak masyarakat dalam kesadaran menjaga Prokes serta tetap dalam sunnah dan ajaran Rosulullah ﷺ.

Sementara itu, Sambutan Camat Kikim Barat, Darwis Salim ,SE., MM., mengajak jamaah berdoa bersama dengan khusyuk agar Bumi segera terbebas dari wabah atau pandemi Covid-19 ini.

Sebelum puncak dimulainya acara terlebih dahulu dilantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu oleh Sindy dan Sari tilawahnya oleh Nike.

Inti acara disampaikan oleh penceramah Ustadz Arif Rachman , S.Pdi : Dasar dan tujuan diadakannya Maulidurrosul adalah menghidupkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad ﷺ sebagai rasa syukur Kita atas nikmat lahirnya Rosululullah sebagai penuntun ke jalan yang terang seperti saat ini, sesuai Firman Allah dalam QS Al-Baqoroh : 137. Rasa cinta akan melahirkan Ihlas dalam Qolbu yakni rasa cinta kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, cinta kepada Nabi Muhammad ﷺ , cinta kepada orang tua keluarga dan sanak family lainnya.

Mengandung 4 makna yang harus bisa kita rasakan yakni rasa Aman, Assuaibah atau obat kerinduan, Asshifa atau melahirkan pahala dan Assakdiah lebih pada keberuntungan.

Tujuan utama adalah meneladani Rosulullah agar menjauhkan hati kita dari hal yang mungkar (Fahsyak) dan jangan sampai lupa akan yang wajib. Rukun Islam, Rukun Iman dan Ihsan.

Acara diakhiri dengan membaca Sholawat Badar dan doa penutup, sekira Pukul 15,:15 WIB. kemudian dilanjut dengan sholat Ashar bersama dimasjid AL-Huda Sido Makmur. (JH-NNC)

Laporan Reporter : Jhanu Praptomo, SH. Editor : Redaksi Pelaksana IT. 

Advertisement

Lahat

Diduga Mantan Kepala Desa Sido Makmur Hilangkan Aset Desa, Ketua DPW Gema Pancasila Minta APH Proses Secara Tegas

Published

on

By

 902 X dibaca,  24 X dibaca hari ini

LAHAT, Netralitasnews.com –  Mantan kepala desa sido makmur yang masa jabatannya berakhir ditahun 2019.  Supriyanto diduga kuat menghilangkan aset desa dengan secara sengaja, serta terindikasi korupsi dana bantuan gubernur Sumatera Selatan dan APBN Dana Desa.

Hal ini diketahui berdasarkan laporan berikut dokumen tertulis dari warga masyarakat desa Sido Makmur, Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kepada Netralitasnews.com, rabu,  (10/11/2021)

Adapun item aset desa serta dugaan korupsi yang dilakukan oleh Supriyanto mantan kepala desa Sido Makmur ialah sebagai berikut ;

1. Menghilangkan 1 ( satu ) unit sepeda motor Yamaha smash R.2 yang merupakan kendaraan dinas Pemerintah. sumber dana APBD II Kabupaten Lahat.
2. Rak Arsip 2 ( dua )  unit sumber dana ADD tahun 2019
3. Filing kabinet 9 ( sembilan ) buah, sumber dana ADD tahun 2018
4. Laptop 2 ( dua ) unit, printer 2 ( dua ) unit. sumber dana desa APBD 1 tahun Perolehan 2015, 2016, 2017, 2018, dan bantuan Gubernur tahun anggaran 2019.
5. Menghilangkan dokumen penting PETA DESA Sido Makmur.
6. Menjual tanah kas desa (TKD) yang digunakan untuk kepentingan pribadi
7. Pengadaan tenda dan kursi desa, usaha ekonomi produktif, sumber dana bantuan gubernur ( Ban-gub ) Sumatera Selatan tahun anggaran 2014 sebesar Rp. 33.800.000,- ( tiga puluh tiga juta delapan ratus ribu rupiah ) diduga fiktif.

Ke tujuh point tersebut diatas berkaitan dengan kepentingan Pemerintahan desa Sido Makmur, masyarakat desa Sido Makmur.

Sementara itu, Supriyanto mantan kepala desa Sido makmur saat hendak dikonfirmasi dikediamannya namun beliau sedang tidak ada ditempat.

Terpisah, Ketua Organisasi Masyarakat dewan pimpinan daerah (DPW) Sumatera Selatan ketika dimintai tanggapan mengenai hal ini di kantornya pukul 17.00 WIB. mengatakan, ” jika hal demikian memang benar adanya maka yang bersangkutan dapat berurusan dengan hukum serta dapat dituntut secara hukum dan undang – undang yang berlaku. ” Jelasnya

Dirinya meminta kepada APIP, APH, agar kiranya dapat menindak lanjuti kasus ini sesuai Proses hukum serta undang – undang yang berlaku di NKRI. karena oknum harus terima segala konsekuensinya, tak ada yang kebal hukum dibumi pertiwi ini. ” Tegasnya

Dirinya juga berharaf agar Supriyanto mantan kepala desa Sido Makmur dapat kooperatif, bertanggung jawab, mentaati, menghormati, terhadap proses hukum berjalan nanti. ” tukasnya. (Redaksi).

Continue Reading

Lahat

Proyek 35.599.000.000 di duga Jadi Ajang Korupsi

Published

on

By

 1,499 X dibaca,  12 X dibaca hari ini

SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com, PT. MITRA ECLAT GUNUNG ARTA selaku penyedia Jasa pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah di wilayah Kabupaten Lahat dan Empat Lawang. di duga jadi ajang korupsi dan di duga kuat telah melanggar undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP). Rabu, (25/08/2021)

Hal ini di ketahui berdasarkan pantauan media ini di lapangan pada rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana Sekolah dasar Negeri 07 Kikim Barat Kabupaten Lahat, Sekolah dasar negeri 05 Kikim barat Kabupaten Lahat, dan SMK Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat.

Pada papan plang proyek tersebut  bertuliskan Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jenderal cipta karya balai prasarana permukiman wilayah Sumatera Selatan. Satuan kerja pelaksanaan prasarana permukiman Provinsi Sumatera Selatan.

Papan Plang pada SD Negeri 07 Kikim Barat Kabupaten Lahat

Nama Pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah Kabupaten Lahat, Empat Lawang,
Lokasi Labupaten Lahat dan Empat Lawang, nomor kontrak : HK.02.03/KJK.01.PS.01/2021, nilai Kontrak Rp : 35.599.000.000,00 waktu pelaksanaan : 180 hari kalender, tahun anggaran 2021, Konsultan supervisi : PT.CIRIAJASA ENGINEERING CONSULTANS.

Ironisnya pada ke 3 proyek sekolah dasar negeri di atas dan 1 SMK Kikim tengah ini di kerjakan tampak memiliki papan plang informasi yang sama. maksudnya jumlah pagu dananya sebesar Rp. 35.599.000.000,00 pada setiap 1 sekolah.

Akan hal ini terkesan bahwa pihak Kontraktor pelaksana ini menutupi informasi publik. yang semustinya pada setiap proyek ini di sebutkan berapa nilai kontraknya. Karena setiap sekolah memiliki anggaran yang berbeda-beda.

Papan Plang pada SD Negeri 05 Kikim Barat Kabupaten Lahat

Masyarakat Kabupaten Lahat, dan Empat Lawang bertanya-tanya dan tidak mengetahui secara pasti berapa sih nilai kontrak proyek ini. karena tak tertera pada papan plang. dengan pihak kontraktor seperti ini terkesan menutup-nutupi jumlah anggaran nilai kontrak/ sekolah. yang pada endingya di duga kuat mereka akan dapat secara leluasa untuk melanggar.

Seperti, dapat melakukan pembangunan tidak sesuai dengan perencanaan awal, melakukan mark Uf harga satuan barang, manipulasi data, pembodohan masyarakat publik, hingga dapat berindikasi KKN.

Sementara itu, Fadil pihak pelaksana lapangan saat di konfirmasi mengatakan, ” iya papan plang kontrak ini memang secara total,” singkatnya.

Di konfirmasi lagi melalui pesan WhatsApp (25/08/2021). Namun Fadil pihak pelaksana lapangan tidak menjawab. hingga akhirnya berita ini ditayangkan sementara ada hak jawab darinya dan hak jawab dari berbagai pihak yang terkait. (TIM/NNC/Sum-Sel)

Continue Reading

Lahat

Berbagai Infrastruktur Desa Mekar Jaya, Masa Kepemimpinan Bambang Susanto

Published

on

By

 3,128 X dibaca,  15 X dibaca hari ini

LAHAT, Netralitasnews.com – berbagai infrastruktur di desa memang suatu dambaan hati bagi masyarakat. hal ini tentunya suatu desa itu harus dipimpin oleh seorang kepala desa yang bijaksana dalam segala hal. seperti contoh di desa mekar jaya SP.04 kecamatan kikim barat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. sejak di pimpin oleh Bambang Susanto semua perkembangan kemajuan pembangunan di desa sangat pesat.

Mulai dari infrastruktur cor beton akses pertanian, akses jalan desa, penerangan jalan, pembangunan rumah tidak layak huni, SPAL, aspirasi masyarakat DPRD Provinsi, listrik dan program sanitasi perdesaan. semuanya dapat dibangun.

Kepala Desa Mekar jaya Bambang Susanto di kantor desanya Jumat, (06/08/2021) pukul 17 : 00 Wib. menuturkan, alhamdulillah berbagai infrastruktur di desa mekar jaya ini sudah banyak, dan telah dirasakan langsung oleh masyarakat azaz serta manfaatnya, ” urainya

Mulai dari infrastruktur cor beton menuju akses pertanian, “sambungya, siring pembuangan air limbah (SPAL), jalan desa, penerangan jalan, instalasi jaringan listrik rumah tangga, rumah tidak layak huni (RTLH), cor beton aspirasi masyarakat DPRD Provinsi dan program sanitasi berbasis perdesaan, ” Bebernya

Masih lanjut dia, “keberhasilan ini adalah atas dukungan masyarakat desa mekar jaya tentunya. alhamdulillah semua program pemerintah pusat melalui pemerintah daerah baik APBN DD, APBN, APBD 1 dan APBD II. dapat terserap di desa ini. semoga kedepannya apa yang di wacanakan tahun ini semuanya dapat terlaksana pada tahun berikutnya tanpa adanya hambatan apapun. ” Tandasnya sembari senyum.

Sementara itu, warga masyarakat desa mekar jaya kepada media ini juga turut menyampaikan. Alhamdulillah kami banyak mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kepala desa mekar jaya. berkat banyaknya program pemerintah, desa mekar jaya ini meski kecil, paling hujung, tertinggal dan terpencil tak luput dari perhatian. ” Ujar Sam

Ditambahkannya, sebelumnya desa ini adalah desa transmigrasi, sekarang sudah banyak kemajuan terutama pengerasan jalan desa yang saat ini sedang di bangun oleh pemerintah. terselenggaranya proyek ini atas usulan dari pemerintah desa melalui Pemerintah Kabupaten Lahat, yakni sedang membangun pengerasan jalan desa -+ 1800 KM. jadi kami sebagai warga banyak mengucapkan terimakasih. Karena desa ini dapat maju berkembang.

Adapun harapan kami kedepannya desa mekar jaya SP. 04 ini tetap di perhatikan oleh pemerintah, sampai pengerasan jalan ini dapat di cor ataupun di aspal sehingga desa ini dapat setara dengan desa-desa yang ada di kecamatan kikim barat pada khususnya, Kabupaten Lahat pada umumnya . ” Tandasnya. Pewarta (YU, KO, KN)

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!