Connect with us

Empat Lawang

Dasar, Pengertian, Serta Jenis Berita

Published

on

 773 x dibaca

Netralitasnews.com – Berita (News) adalah laporan peristiwa aktual dan penting. berita (News) merupakan produk utama jurnalistik.

Berikut beberapa ulasannya ;

– Pengertian Berita
– Jenis – Jenis Berita
– Nilai Berita (News Values)
– Unsur Berita
– Kode Etik Menulis Berita

Pengertian berita ;
Pengertian berita secara bahasa, berita artinya adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan, pemberitahuan, pengumuman, dengan memperhatikan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian Berita, didalam Literatur Jurnalistik Dikenal 5 (Lima) Jenis Berita 

Pengertian berita ;
Pengertian berita secara bahasa, berita artinya adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan, pemberitahuan, pengumuman, dengan memperhatikan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

1. Straight News (Berita Langsung)
Straight News adalah jenis berita yang ditulis secara singkat, padat, dan lugas.
Straight News juga dibagi lagi menjadi dua jenis berita yakni Hard News & Soft News

A. Hard News adalah berita keras, serius, hangat, heboh, kadang menegangkan, mengerikan, mengagetkan, seperti berita politik atau berbagai bencana.

B. Soft News adalah berita ringan, tidak terlalu serius, seperti berita selebritis, info artis, kabar dari dunia hiburan, wisata, peluncuran produk baru.

2. Opinion News (Berita Opini)
Opinion News adalah berita yang berisi pendapat, analisis, komentar, atau pernyataan seseorang tentang sebuah peristiwa atau isu aktual.

Wartawan biasanya memberitakan pendapat atau pernyataan pejabat, pakar, pelaku, korban, atau saksi suatu kejadian atau kasus.

Pengertian praktisnya, berita opini itu “ Melaporkan ucapan seseorang yang bernilai berita.

3. Interpretative News (Berita Interpretasi)
Interpretative News merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penelitian yang dilakukan oleh wartawan. ringkasnya, laporan peristiwa yang dilengkapi dengan interpretasi atau penilaian.

Jenis berita ini adalah pengembangan berita langsung yang ditambah atau dilengkapi dengan berbagai informasi yang mendukung isu tersebut. misalnya, berita mengenai banjir dilengkapi dengan komentar pakar lingkungan dan masyarakat.

4. Depth News (Berita Mendalam)
Depth news, disebut juga Depth Reporting, adalah berita yang lebih lengkap dan lebih detail dari berita Straight News.

Berita mendalam dikembangkan dengan menggali fakta atau data baru dengan penekan unsur Why (Kenapa) dan How (Bagaimana).

Biasanya jenis berita ini menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, bagaimana dampaknya, dan apa yang harus dilakukan.

Depth News juga merupakan pengembangan dari berita lama yang masih belum selesai dan dinilai perlu ditindak lanjuti untuk mendapat info baru dengan cara mewawancarai berbagai pihak yang terkait dengan berita lama tersebut.

5. Investigation News (Berita Investigasi)
Berita investigasi lebih lengkap dan mendalam dari depth News (Berita Mendalam). Berita investigasi dikembangkan berdasarkan penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai macam sumber.

Berita investigasi ditulis berdasarkan penyelidikan. data-data dicari atau diperoleh dari berbagai sumber.

Biasanya berita investigasi mengungkap sebuah peristiwa yang misterius atau penuh teka – teki karena banyaknya fakta yang tidak terungkap atau ditutupi. (Red)