Connect with us

Advertorial

Dasar, Pengertian, Serta Jenis Berita

Published

on

 3,811 X dibaca hari ini

Netralitasnews.com – Berita (News) adalah laporan peristiwa aktual dan penting. berita (News) merupakan produk utama jurnalistik.

Berikut beberapa ulasannya ;

– Pengertian Berita
– Jenis – Jenis Berita
– Nilai Berita (News Values)
– Unsur Berita
– Kode Etik Menulis Berita

Pengertian berita ;
Pengertian berita secara bahasa, berita artinya adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan, pemberitahuan, pengumuman, dengan memperhatikan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian Berita, didalam Literatur Jurnalistik Dikenal 5 (Lima) Jenis Berita 

Pengertian berita ;
Pengertian berita secara bahasa, berita artinya adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan, pemberitahuan, pengumuman, dengan memperhatikan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

1. Straight News (Berita Langsung)
Straight News adalah jenis berita yang ditulis secara singkat, padat, dan lugas.
Straight News juga dibagi lagi menjadi dua jenis berita yakni Hard News & Soft News

A. Hard News adalah berita keras, serius, hangat, heboh, kadang menegangkan, mengerikan, mengagetkan, seperti berita politik atau berbagai bencana.

B. Soft News adalah berita ringan, tidak terlalu serius, seperti berita selebritis, info artis, kabar dari dunia hiburan, wisata, peluncuran produk baru.

2. Opinion News (Berita Opini)
Opinion News adalah berita yang berisi pendapat, analisis, komentar, atau pernyataan seseorang tentang sebuah peristiwa atau isu aktual.

Wartawan biasanya memberitakan pendapat atau pernyataan pejabat, pakar, pelaku, korban, atau saksi suatu kejadian atau kasus.

Pengertian praktisnya, berita opini itu “ Melaporkan ucapan seseorang yang bernilai berita.

3. Interpretative News (Berita Interpretasi)
Interpretative News merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat atau penelitian yang dilakukan oleh wartawan. ringkasnya, laporan peristiwa yang dilengkapi dengan interpretasi atau penilaian.

Jenis berita ini adalah pengembangan berita langsung yang ditambah atau dilengkapi dengan berbagai informasi yang mendukung isu tersebut. misalnya, berita mengenai banjir dilengkapi dengan komentar pakar lingkungan dan masyarakat.

4. Depth News (Berita Mendalam)
Depth news, disebut juga Depth Reporting, adalah berita yang lebih lengkap dan lebih detail dari berita Straight News.

Berita mendalam dikembangkan dengan menggali fakta atau data baru dengan penekan unsur Why (Kenapa) dan How (Bagaimana).

Biasanya jenis berita ini menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, bagaimana dampaknya, dan apa yang harus dilakukan.

Depth News juga merupakan pengembangan dari berita lama yang masih belum selesai dan dinilai perlu ditindak lanjuti untuk mendapat info baru dengan cara mewawancarai berbagai pihak yang terkait dengan berita lama tersebut.

5. Investigation News (Berita Investigasi)
Berita investigasi lebih lengkap dan mendalam dari depth News (Berita Mendalam). Berita investigasi dikembangkan berdasarkan penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai macam sumber.

Berita investigasi ditulis berdasarkan penyelidikan. data-data dicari atau diperoleh dari berbagai sumber.

Biasanya berita investigasi mengungkap sebuah peristiwa yang misterius atau penuh teka – teki karena banyaknya fakta yang tidak terungkap atau ditutupi. (@Red)

Advertorial

Paripurna DPRD, Pj Bupati Empat Lawang Sampaikan LKPJ Tahun 2023

Published

on

 498 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com –Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Empat Lawang sampaikan LKPJ (Laporan keterangan pertanggung jawaban) Bupati Empat Lawang tahun 2023.

Bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Empat Lawang, yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang, Persi SE beberapa anggota DPRD dari berbagai Praksi, Konisi, dan kepala OPD. (Organisasi perangkat daerah) Kabupaten Empat Lawang, Pada Senin, (01/04/2024). 

Ketua DPRD Empat Lawang menjelaskan LKPJ adalah laporan berupa informasi penyelenggara pemerintahan selama satu tahun anggaran atau akhir masa jabatan yang disampaikan kepala daerah kepada DPRD, ” Jelas Persi

Sementara itu, Pj Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri dalam sambutannya mengatakan, penyampaian LKPJ merupakan bagian dari agenda rutin penyelenggaran pemerinta han daerah, untuk secara transparan dan akuntabel menyampaikan informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerin tahan sepanjang tahun anggaran 2023.

“Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban merupakan agenda tahunan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerin tahan Daerah, ” Ungkap Fauzan.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara jajaran eksekutif yaitu pemerintahan dengan jajaran legislatif yaitu para Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang.

“Keberhasilan yang diraih atas kerjasama kita bersama dan jika ada kekurangan untuk bisa dikoreksi bersama,” tukasnya. (@Adv/Red).

Continue Reading

Advertorial

576 Peserta PPPK di Lantik Pj. Bupati Empat Lawang

Published

on

 919 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.comPj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, A.P,.M.M, melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), beberapa Istansi Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang.

Total yg di sumpah ada 576 PPPK dari jabatan Fungsional Guru, Tenaga Kesehatan dan Teknis.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bertempat di lapangan Kantor Bupati Empat Lawang, Selasa (06/02/2024).

Pj. Bupati berpesan kepada seluruh PPPK yang dilantik, agar menjadi PPPK yang luar biasa dan jangan menjadi yang biasa saja.

“Jangan mengikuti pepatah lama, bertepuk ikut ramai, berbaris ikut panjang. Pesan saya panutlah, contohlah kepada kebaikan didalam dunia kerja, ” pesan Fauzan.

Diharapkan dengan dilantiknya PPPK ini dapat memiliki tanggung jawab yang lebih, dan memberikan pengabdian yang terbaik untuk Empat Lawang dan masyarakat.

“Harapan saya satu, berikan yang terbaik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Silahkan berikan yang terbaik sehingga mereka akan menjadi bagian sejarah di Kabupaten Empat Lawang, ” pintanya.

Selain itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Empat Lawang Soleha Apriani menambahkan, pelantikan ini untuk jabatan fungsional yang berjumlah 576 orang, dan dari 576 peserta tersebut ada 2 orang yang telah pensiun Jadi semuanya ada 574 peserta yang dilantik.

Tidak hanya itu dia juga menambahkan, PPPK yang dilantik hari ini merupakan kuota tahun 2019, 2020, 2021 dan kuota tahun 2022. yang terdiri dari guru, tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga teknis,” pj. Bupati Fauzan mengakhiri.

Pelantikan 576 PPPK sejak pagi hingga selesai berjalan lancar tanpa adanya hambatan. (@Red).

Continue Reading

Advertorial

Pj Bupati Empat Lawang Mendukung Progres Kapolres Empat Lawang Deklarasi Zero Knalpot Brong

Published

on

 1,151 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG // SUM-SEL, Netralitasnews.com – Penjabat Bupati Empat Lawang mendukung Kapolres Empat Lawang AKBP DODI SURYA PUTRA, S.I.K., S.H., M.H. deklarasi sumsel zero knalpot brong, kegiatan ini juga di lakukan 16 Sat Lantas polres jajaran polda sumsel.

Kegiatan deklarasi ini berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Kabupaten Empat Lawang, pada Jum’at (19/01/2023).

Turut Hadir Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, Ap., MM, Kepala OPD Empat Lawang dan Forkopimda Kabupaten Empat Lawang serta perwakilan siswa/i dari berbagai tingkat.

Pembacaan deklarasi di komandoi oleh Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin di ikuti oleh seluruh peserta apel di lanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi yang di awali Pj Bupati, Kapolres Empat Lawang, serta kepala OPD Kabupaten Empat Lawang.

Pj Bupati Empat Lawang, mengharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kenyamanan berlalu lintas bagi semua pengguna jalan salah satunya dengan tidak menggunakan knalpot brong.

Di waktu yang bersamaan Kapolres Empat Lawang AKBP Dodi Surya Putra mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya pengguna jalan raya untuk tidak menggunakan knalpot brong.

“Saya selaku Kapolres Empat Lawang mengajak serta menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat terkhususnya pengguna jalan raya agar mematuhi dan taat pada peraturan lalu lintas,” Tegas Kapolres Empat Lawang.

“Sesuai dengan deklarasi pada hari ini kami seluruh elemen Forkopimda dan masyarakat Empat Lawang menolak serta melarang adanya penggunaan knalpot brong,” tegasnya mengakhiri. (@Adv/Red).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!