Connect with us

Kepahiang

Baru Selesai dikerjakan fisik TPT sudah Retak dan Hancur, Artikel Akan dikirim ke APH

Published

on

 3,744 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com sungguh tak layak dipandang oleh mata dan tak pantas diterima, jika oknum pejabat selalu memikirkan kepentingan pribadi, tuntutan kantong yang lebih, apa pun itu tak akan sempurna baik pekerjaaan maupun hasilnya.

Dalam upaya pencapaian yang di inginkan oleh pemerintah pusat maupun daerah. mulai dari sektor pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat.
didalam penanganan APBDes kerap terjadi penyelewengan. diduga karna silau dengan anggaran yang begitu besar serta menggiurkan, sehingga anggaran pekerjaan seringkali diselewengkan dengan cara membangun asal jadi saja.

Salah satu contoh belum lama ini salah seorang oknum kepala desa di BUI penjara akibat selalu mengutamakan kepentingan pribadi, berakibat fatal karena melanggar kebijakan pengelolaan APBN Dana Desa.

Kali ini tim NN.C melakukan tugas kontrol sosial dengan cara Investigasi ke sebuah fisik bangunan yang terletak didesa Taba Santing, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. ditemukan fisik bangunan tembok pelapis tebing/tanah (TPT) yang berlokasi dipinggir kali lokasi persawahan, jauh dari warga namun tak luput dari pantauan para pewarta.

Warga masyarakat sekitar inisial  B (48) tahun menjelaskan, ” bangunan ini baru sekitaran 3 hari ini di selesaikan pak, tapi setau saya kemarin ini dana desa, yang kerjakan oleh Nex warga desa talang karet, memang saya lihat bahwa bangunan ini sudah pada retak dan bolong. kalau rapi saya rasa tidak pak coba di lihat sendiri, untuk lebih jelasnya, tanya saja langsung dengan kadesnya. ” bebernya dengan terang.

Hasil investigasi fisik dilapangan tampak begitu indah serta elok di pandang mata. karena ditemukan sesuatu yang sangat janggal. tim pewartapun merasa sangat tertarik, dengan mengabadikan dokumen photo.

Dengan kasat mata tim secara seksama meninjau secara langsung betapa sangat aneh bin ajaib, karna bangunan TPT ini baru saja selesai dikerjakan dalam 3 hari ini. sungguh sangat tidak masuk akal logika sehat bangunan yang menelan dana ratusan juta rupiah ini sangat bobrok alias bangunannya terkesan asal jadi saja. kondisi fisik penuh dengan retak – retak hampir sepanjang bangunan dan sangat di ragukan kulitas, kuantitas, serta ketahanannya untuk jangka yang lama.

Hal ini di duga kuat tidak sesuai dengan perencanaan awal (gagal), tidak sesuai sfeksifikasi, RAB, dan kurangnya material semen serta adukan tidak merata. dengan kondisi fisik yang seperti ini Kerugian negara ditafsirkan mencapai ratusan juta rupiah.

Ditemukan hampir semua lapisan fisik bangunan sudah retak besar dan sangat membahayakan, di tambah juga papan plang informasi tak di temukan pada lokasi pembangunan TPT, untuk sementara ini belum di ketahui bangunan ini milik siapa, sumber dana dari mana, siapa kontraktor pengelola, siapa pengawas, siapa panitia penanggung jawab teknis kerja. pantaskah proyek ini di katakan proyek Iblis, ataukah mungkin anggarannya turun dari langit melalui air hujan ? Jawabannya “tentu tidak”. Kita belum tahu, dan kita akan terus telusur.

Kali ini reporter membuat membuat artikel fakta untuk konsumsi sebagai pengetahuan publik. terkhusus akan di tujukan kepada pihak APH. sesuai Undang-undang nomor 14 tahun 2008.

Sampai berita ini ditayangkan kepala desa Taba Santing belum bisa di temui untuk dikonfirmasi. berulangkali di coba konfirmasi melalui vi’a telephone dan Wa namun belum ada jawaban. (TEAM_Net)

Kepahiang

Kegiatan Fisik Desa Lubuk Saung Gunakan Sistem Padat Karya Tunai

Published

on

 63 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com Pemerintah Desa Lubuk Saung Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu di tahun anggaran 2024 ini melaksanakan pra pelaksanaan kegiatan yaitu peningkatan gedung posyandu. Senin (06/05/2024). 

Dalam pra pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh Camat Seberang Musi Dedi Sukrizal, kasih PMD Kecamatan Darul kutni SE, Kepala Desa Lubuk Saung Reki Pernando, perangkat desa, Babinsa, bhabinkamtib mas, pendamping lokal Kecamatan, pendamping lokal desa, pendamping kecamatan, BPD beserta anggota toko masyarakat toko Pemuda dan tokoh agama.

kegiatan fisik untuk tahun ini yaitu : Peningkatan Gedung Posyandu dengan volume 9×12 meter dengan pagu dana Rp.180.275.000 dana yang di kucurkan berasal dari dana desa

“Fisik di tahun ini kita akan melanjutkan peningkatan pembangun kegiatan gedung posyandu, dan kegiatan ini juga kami laksanakanya dengan sistem padat karya tunai, dengan adanya sistem ini agar supaya masyarakat dapan bekerja semua tanpa terkecuali”, ungkap Nando

“Lanjut Nado kami juga berharap kepada pihak yang terkait baik itu dari kecamatan, dari PMD Kabupaten, dari TNI dan Polri, pendamping Desa, masyarakat ataupun dari awak media kita sama-masa mengawasinya agar supaya dapat memaksimalkan hasilnya”, jelasnya

Kegiatan ini juga di laksanakan di balai desa Lubuk saung sesuai dengan harapan berjalan dengan lancar. (@YS/Net). 

Continue Reading

Kepahiang

Pemdes Karang Endah Ajak Masyarakat Gotong Royong, Kades Berharap Akan Segera di Tindak Lanjuti

Published

on

 530 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com – Akibat curah hujan yang sangat lebat baru-baru ini di beberapa titik askes jalan di Desa Karang Endah mengalami abrasi, Jalan tersebut menghubungkan antara Desa Weskust menuju Desa Nanti Agung.

jalan tersebut adalah menjadi satu-satunya askes utama Masyarakat Desa keluar dan masuknya kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Dengan putusnya jalan yang ada di Desa Karang Endah Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu tersebut maka banyak kendaraan yang tidak bisa lewat terutama kendaraan roda empat (empat)

Menurut Kepala Desa Karang Endah Dedi Arianto beliau menjelaskan ada 8 titik yang terkena longsor kemaren tapi yang lebih parah cuman empat titik, besar kemungkinan jika di guyur hujan dengan curah hujan yang deras dan tidak di tangulangi dalam waktu yang dekat ini maka jalan tersebut bisa putus.

“Ada 8 titik jalan yang mengalami longsong akibat di guyur hujan deras beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan jalan utama menjadi kendala bagi pengendara, kalau dalam waktu dekat ini tidak ada penanggulangan besar kemungkinan akan lumpuh total.”, Ungkap Kepala Desa

Tambahnya Dedi, kami pemerintah Desa dan masyarakat sudah berupaya membersihkan jalan tersebut namun kami hanya bisa membersihkan dan tidak bisa memperbaiki. Maka dari itu kami sangat berharap kepada dinas terkait baik itu dari pemerintah daerah ataupun BPBD Kabupaten agar dapat segera memperbaikinya.

“Saya berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang atau pun Dinas terkait khususnya BPBD agar secepat mungkin ataupun sigap untuk bisa memperbaik jalan tersebut, karena masyarakat Desa Karang Endah khususnya sudah sangat mengelukan jalan ini,” jelas Dedi. (@YS/Net).

Continue Reading

Kepahiang

Desa Pagar Agung Melaksanakan Kegiatan Posyandu Bulanan

Published

on

 346 X dibaca hari ini

KEPAHIANG, Netralitasnews.com Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/2015/2023 tentang Petunjuk Teknis Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer. Rabu (24/04/2024) sekitar jam 08:30 WIB. 

Petunjuk Teknis ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam meningkatkan pelayanan promotif dan preventif di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yaitu Puskesmas dan sistem jejaringnya dengan konsep Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP). Melalui petunjuk teknis yang disusun ini, diharapkan dapat terlaksana upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, pembangunan infrastruk tur, ketersediaan sarana, prasarana, sumber daya manusia, serta manajemen pelayanan kesehatan yang semakin kuat di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di Indonesia.

Sesuai dengan keputusan tersebut pemerintah desa pagar agung kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang di setiap bulannya melaksanakan rutinitas kesehatan yaitu posyandu

Kegiatan posyandu ini di laksanakan setiap tanggal 24, tenaga yang di datangkan langsung dari puskesmas dan di bantu oleh kader- posyandu SEHATI desa Pagar Agung itu sendiri yang di ketuai oleh Ratumas Sumari. Adapun yang di prioritaskan dalam posyandu itu sendiri yaitu pemeriksaan lansia, stanting, penambahan gizi dan banyak yang lainnya

Menurut Doni kepala desa Pagar Agung kegiatan yang di laksanakan setiap bulan oleh kader posyandu sangat bermanfaat bagi masyarakat kami karena kesehatan adalah faktor utama di dalam hidup

“Dengan adanya rutinitas setiap bulan yang di laksanakan oleh tenaga kesehatan dari puskesmas dan di bantu oleh kader posyandu agar masyarakat dapat menjadi sehat karena kesehatan adalah utama dalam hidup”, jelas Doni

Kegiatan ini juga di laksanakan di kantor Desa Pagar Agung. (@YS/Net).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!