Connect with us

Empat Lawang

Operasi Ilegal Drilling, Polres Empat Lawang Berhasil Amankan Dua Tersangka

Published

on

 280 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com Aktivitas pengeboran sumur minyak ilegal atau ilegal drilling, menimbulkan banyak kerugian, baik dari sisi pencemaran lingkungan atau keselamatan jiwa. Namun hingga saat ini aksi tersebut terus tersebar, seiring dengan penanganan yang cepat dari instansi pemerintah dan penegak hukum.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo kepada seluruh jajaran untuk menindak segala macam praktik kegiatan Ilegal di wilayah hukumnya untuk di respons dan di tindak tegas.

Berkaitan dengan hal tersebut, Selasa 29 November 2022 Polres Empat Lawang melalui Satgas Ilegal Drilling melakukan patroli di beberapa SPBU yang ada di Wilayah hukumnya.

Dalam kegiatan operasi tersebut, Petugas berhasil mengamankan dua pelaku berinisial SS (33) dan Kandok (33). yang diduga melakukan pengisian bahan bakar jenis solar bersubsidi di SPBU Talang Banyu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Kedua tersangka Kedua tersangka merupakan warga Talang Banyu Kelurahan Tanjung Kupang Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno, M.M melalui Kasat Reskrim AKP M. Tohirin, S.H., M.H, mengatakan saat Petugas sedang melakukan Operasi Ilegal Drilling di SPBU Talang Banyu, Petugas melihat mobil Merk Izusu dengan Nomor Polisi BD 1477 LL melakukan pengisian BBM bersubsidi jenis Solar sebanyak 2 (dua) kali pengisian.

“Pada pengisian pertama dilakukan oleh pelaku Kandok sebanyak 35 Liter dan dan di pindahkan ke derigen, setelah itu BBM yang sudah dipindahkan ke dalam derigen Kandok jual kepada SS dengan harga Rp. 9.000 / liter” ungkapnya.

“Kemudian pengisian kedua di lakukan oleh Pelaku SS di SPBU Talang Banyu sebanyak 18 Liter dengan perjanjian dibeli perliternya dengan harga Rp. 8.500 / liter”

Atas kejadian ini kedua tersangka di bawa Kepolres Empat Lawang atas dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar dan melanggar Pasal 55 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang telah dirubah dengan Pasal 55 UU RI No.11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Dengan ancaman pidana paling lama enam tahun dan atau denda paling banyak 60 miliar rupiah Bersama dengan kedua tersangka diamankan barang bukti berupa satu lembar STNK kendaraan mobil Merk Izusu Jenis Minibus BD 1477 LL an Elmi Herawati, 1 (satu) buah jerigen yang berukuran 22 liter warna coklat yang berisi bahan bakar diduga jenis minyak solar bersubsidi sebanyak 20 liter, 1 (satu) buah jerigen yang berukuran 5 liter warna putih yang berisi bahan bakar diduga jenis minyak solar bersubsidi sebanyak 5 liter, 1 (satu) buah jerigen yang berukuran 10 liter warna putih yang berisi bahan bakar diduga jenis minyak solar bersubsidi sebanyak 10 liter, 1(satu) buah selang warna hitam berukuran panjang 52 cm, 1 (satu) buah corong warna hijau dan selang warna biru, 1(satu) buah jerigen yang berukuran 10 liter warna merah, 1 (satu) unit kendaraan R4 merk Isuzu jenis minibus warna abu-abu emas BD 1477 LL dengan No. rangka MHCTBR54BVC060698, No. Mesin E060698 beserta bahan bakar diduga jenis minyak solar di dalam tangki mobil sebanyak 18 liter, 1 (satu) buah kunci mobil kendaraan R4 merk Izusu jenis minibus, KTP kedua tersangka. (RELEASE).

Empat Lawang

Warga Antusias, Pj Kades Muara Rungga Galakkan Giat Gotong Royong

Published

on

 482 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.comWarga begitu antusias saat diajak Pj Kepala Desa galakkan giat gotong royong didesa Muara Rungga Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang. Jum’at (03/01/2023). 09.00 Wib. 

Fauzan Sodry, S.Sos Pj Kades Muara Rungga ajak warga untuk ngedepankan sipat bergotong royong didalam bermasyarakat.

Sebelumnya diakhir masa jabatan kepala desa Muara Rungga Al Ashar selalu mengajak warga untuk bergotong royong membangun tempat wudhu dan tempat pengajian anak – anak, yang saat ini pekerjaannya sudah tahap 40 %.

Selanjutnya sejak dipimpin oleh Pj Kepala desa yang baru, Kegiatan gotong – royong ini tetap dilanjutkan.

Fauzan Sodry, S.Sos kepada awak media ini, ” membenahi saluran siring irigasi yang sudah nyaris tertimbun tanah lumpur yang diakibatkan oleh banjir bandan beberapa waktu lalu, ” Ungkapnya.

Pasca siring irigasi yang tertimbun ini masyarakat mengalami kesulitan tuk bercocok tanam, sehingga petani padi beralih fungsi ke tanaman hultikultura jagung selama ± 2 tahun terakhir, ” Jelas Fauzan.

Alhamdulillah saat ini irigasi tersebut sudah kembali normal dan para petani sudah bisa mulai untuk turun kesawah lagi, ” tambahnya

Alhamdulillah warga masyarakat desa Muara Rungga ini jika dipinta untuk gotong royong begitu antusias untuk membantu, ” pungkas Fauzan Pj Kades. (Tim-07).

Continue Reading

Empat Lawang

Ombudsman Sum-Sel Berikan Penghargaan Urutan ke-5 Kabupaten Empat Lawang

Published

on

 554 X dibaca hari ini

PALEMBANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Penanda tanganan momerandum of Understending (MoU) dan penganugerahan predikat pengawasan opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2022.

Bertempat di Gedung Presisi lantai Tujuh Mapolda Sum-sel, Pada Rabu (01/02/2023).

Bupati Empat Lawang Dr. H. Joncik Muhammad, S.Si., SH., MM., MH. Dalam sambutanya menyampaikan, Alhamdulilah dalam kesempatan ini Empat Lawang berhasil mendapatkan urutan ke-5 se- Sumatera Selatan katagori kualitas tinggi ” sebagai bentuk apresiasi ombudsman atas terselenggaranya sarana dan prasarana pelayanan publik di Daerah dengan baik,” paparnya.

” Ini salah satu bukti bahwa pelayanan pemerintah Kabupaten kita Empat Lawang sudah terlaksana cukup baik, kedepan mari sama-sama kita jadikan momen penghargaan ini sebagai motivasi dan acuan kita bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik lagi.

Berikan layanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur sesuai dengan pedoman standar pelayanan Pemerintah yang berlaku.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sumatera Selatan, Ketua Ombudsman RI, Wakil Gubernur Sumsel, Kapolda Sum-sel, Wakapolda Sum-sel, Para PJU Polda Sum-sel, Para Kapolres/tabes jajaran, Para Kabagrenmin Polda Sumsel serta Para Kabagren Polres jajaran. (Rls/Red).

Continue Reading

Empat Lawang

Adat Istiadat Persedekahan diKecamatan Pasemah Air Keruh

Published

on

 615 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Adat Istiadat Persedekahan diKecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang tari silat Redap Klintang.

Adapun peserta penari terdiri dari toko adat, toko agama, dan tokoh masyarakat.

Bertempat di dusun VI Desa Talang Padang, (02/01/2023) 08.00 Wib.

Rangkaian acara ini sebelumnya hantaran pengantin, acara pemotongan/melelek selanjutnya acara silat redap Klintang.

Kepala Desa Talang padang Letliano, Rangkaian acara ini Sebelumnya hantaran pengantin, acara pemotongan/melelek selanjutnya acara silat redap Klintang, yang di selenggarakan setiap ada hajatan persedekan, ” jelasnya.

Hal ini dilakukan untuk mengingat serta mempertahankan ke aripan lokal budaya desa talang padang Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. ” tambahnya.

Syukur alhamdulillah adat ini tetap dilakukan, pada setiap ada warga yang mempunyai hajad, ” tukasnya.

Kegiatan berjalan lancar sejak waktu pagi hingga selesai. tanpa adanya hambatan apapun. (Tim-07).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!