Connect with us

Empat Lawang

TINGKATKAN SANPRAS, DISDIKBUD EMPAT LAWANG BANGUN RKB SMPN 2 LINTANG KANAN

Published

on

 237 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com Sebagai fasilitas belajar mengajar yang utama dalam satuan pendidikan sarana dan prasarana mendapat perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

Sebesar Rp.48 milliar dana alokasi khusus (DAK) Fisik Kabupaten Empat Lawang terealisasi ditahun ini demi terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan.

Salah satu sekolah penerima proyeksi kontruksi tersebut yakni SMPN 2 Lintang Kanan yang saat ini tengah dibangun ruang kelas belajar (RKB) baru.

Sebanyak dua ruang yang mana tahap pembangunannya saat ini tengah mencapai 50% pengerjaan.

Pengawas lapangan Nirwan menuturkan ” pihaknya akan memberikan Kualitas pembangunan yang terbaik”.

“Sesuai spesifikasi proyeksi pembangunan sebagai bentuk dukungannya dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Empat Lawang menuju Empat Lawang MADANI”, tuturnya.(@Sadam). 

Advertisement

Empat Lawang

Patroli Harkamtibmas, Sat Samapta Polres Empat Lawang Mengamankan Puluhan Botol Miras

Published

on

 254 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Dalam rangka mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas, Regu Patroli Satuan Samapta.

Polres Empat Lawang melaksanakan kegiatan Patroli malam di Desa Kelupang Jaya, Tebing Tinggi, Empat Lawang pada hari Sabtu (15/10/2022) sekitar pukul 20.00 WIB

Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno, M.M melalui Kasat Samapta Polres Empat Lawang AKP Ahmad Fauzi, S.H. mengatakan kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh Personel Satuan Samapta Polres Empat Lawang memang rutin dilaksanakan guna
terciptanya Harkamtibmas yang aman dan kondusif.

Kanit Patroli Ipda M. Dea Fajrul Falah, S.Tr selaku yang memimpin kegiatan patroli, mengatakan bahwa dalam patroli tersebut, Polres Empat Lawang berhasil mengamankan dan menyita puluhan botol miras dari warung salah satu warga di Desa Kelupang Jaya, Tebing Tinggi, Empat Lawang.

Selain itu, kami memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat untuk bersamasama menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Empat Lawang. (Rls).

Continue Reading

Empat Lawang

Giat (FGD) Dalam Rangka Situasi Harkamtibmas di Kabupaten Empat Lawang Berjalan Lancar

Published

on

 377 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Dalam Rangka Situasi Harkamtibmas di Kabupaten. Empat Lawang, Selasa, (11/10/2022).

Acara Giat Focus Group Discussion (FGD) Dalam Rangka Situasi Harkamtibmas di Kabupaten Empat Lawang ini di mulai pukul 08.40 Wib. di Ruang Rapat Madani Pemkab Empat Lawang.

Tampak Hadir dalam Giat tersebut sbb :
– Bupati Empat Lawang
– Kapolres Empat Lawang
– Ketua DPRD Kab. Empat Lawang
– Sekda Kab. Empat Lawang
– Kasat Pol PP Kab. Empat Lawang
– Ketua Percepatan Pembangunan Kabupaten Empat Lawang
– Kapolsek jajaran Polres Empat Lawang
– Koordinator Pol PP Kabupaten Empat Lawang
– Para Camat jajaran Kabupaten Empat Lawang
– Para Forkopimca Kabupaten Empat Lawang
– Perwakilan Pol PP Desa Kabupaten Empat Lawang

Adapun Susunan Acara :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya
3. Doa
4. Sambutan dan arahan Kapolres Empat Lawang
5. Paparan Kabag Ops terkait Gangguan Kamtibmas selama 2021-2022
6. Tanya jawab
7. Arahan dan penekanan Bupati Empat Lawang
8. Menyanyikan lagu Padamu Negeri
9. Penutup

Kata Sambutan Kapolres Empat Lawang :

Focus Group Discussion (FGD) muncul melihat keinginan Bupati mewujudkan harkamtibmas yang kondusif di Kabupaten Empat Lawang, sehubungan mewujudkan Empat Lawang yang MADANI.

Bupati mempunyai peraturan pelarangan kegiatan malam, ini salah satu merupakan kebijakan yang baik. karena dapat menurunkan angka tindak pidana di wilayah Kabupaten Empat Lawang.

Pelarangan miras yang beredar di Kabupaten Empat Lawang. di karenakan Miras merupakan salah satu faktor dalam melakukan tindak pidana kejahatan.

Untuk itu Para Polsek Jajaran, Camat, Kades, Pol PP Desa untuk menghimbau sama-sama kebijakan Pemerintah tentang larangan penjualan Miras di wilayah Kab. Empat Lawang.

Maraknya 3C di Kabupaten Empat Lawang cukup meningkat di tahun 2021 – 2022, sehubungan itu di laksanakan Operasi Sikat Musi untuk mengungkap Tindak Pidana.

Harapan kami kepada Camat, Polsek jajaran, Kades, dan Satpol PP sama-sama berperan untuk menghimbau masyarakat tentang kebijakan Pemerintah larangan tentang dengan Hiburan Malam dan peredaran Miras.

Untuk itu kita mulai sama-sama memulai tertib administrasi setiap kendaraan mulai dari Kepala Desa, untuk meminta kesadaran Masyarakatnya untuk menyerahkan Kendaraan tanpa surat ke Polres Empat Lawang, karena kita tidak tahu asal usul dari kendaraan yang tidak mempunyai surat, bisa jadi dari hasil dari tindak Pidana.

Sementara itunSambutan Bupati Empat Lawang :

Empat Lawang yang di butuhkan pertama itu yaitu meminta Rasa Aman dan Tentram sehingga timbul rasa kesejahteraan bagi Masyarakat.

Perasaan kemanan itu merupakan kebutuhan yang luar biasa bagi Masyarakat.

Untuk Peningkatan tindak kriminal di 2022 yang meningkat yaitu kasus Sajam di karenakan membawa sajam merupakan sudah menjadi Budaya di Kabupaten Empat Lawang, untuk itu untuk pihak terkait terus untuk mensosialisasikan pelarangan membawa sajam yang terdapat di Undang-undang Darurat, sedangkan tindak pidana 3C relatif menurun di banding dengan tahun 2016-2017-2018.

Untuk itu Empat Lawang membuat kebijkan Pol PP Siaga dan Pol PP Desa, yang bisa membuat tindak kejahatan menurun di wilayah Kabupaten Empat Lawang

Harkamtibmas merupakan kebijakan yang kami tuangkan dalam kebijakan RKAA.

Sehubungan dengan meningkat 3C Untuk Pol PP Siaga dan Pol PP Desa untuk kembali bekerja powerfull sehingga bisa meningkatkan rasa aman di wilayah Kabupaten Empat Lawang

Untuk Kepala Desa agar berkomitmen untuk mengamankan desa masing-masing. karena merupakan salah satu dari tugas dan tanggung jawab dari Kepala Desa

Begitu pentingnya Kamtibmas Kabupaten Empat Lawang untuk itulah FGD di laksanakan, dan kita agendakan untuk kedepannya, ” Ungkapnya.

Paparan Kabag Ops Polres Empat Lawang:

Data Kasus Tindak Pidana Polres Empat Lawang Tahun 2021 dan Tahun 2022

Astagatra Jumlah penduduk: 331.000 Jiwa

Jumlah Polri: 450
Koramil : 4
Polsek: 7
Poskamling: 123

Perbandingan 1:700 Jiwa

Data Kasus yang di laporkan dan di ungkap Sat Reskrim Empat Lawang
JTP: 9
PTP: 10

Peningkatan jumlah tindak pidana:
Yang paling banyak peningkatan tindak pidana di tahun 2022 yaitu kasus sajam ada sebanyak 22 kasus.

Dalam Acara ini ada Sesi tanya Jawab :

1. Camat Sikap Dalam
– Untuk Evaluasi Poldes dan Pol PP Siaga di Kec. Sikap Dalam
– Sehubungan dengan hajatan masih ada Speaker yang di hidupkan di malam hari yang menggangu kenyamanan Masyarakat khususnya di Kecamatan Sikap Dalam ini merupakan salah satu dari indikasi kejahatan.

Sementara itu Saran dari Sekda Kabupaten Empat Lawang :
– Ada 3 Peran Utama yang harus di laksanakan:
• Pemerintah setempat yang harus menghimbau kepada Masyarakat sehubungan dengan pelarangan Acara Malam dan Peredaran Miras di Desa Masing-masing
• Pelaku hiburan Orgen
• Pelaku acara yang tegas dalam pelaksanaan Acara, untuk mendukung kebijakan Pemerintah dengan larangan larangan dalam pelaksanaan acara (hajatan).

Jawaban Bupati Empat Lawang,
” Untuk Camat, Polsek jajaran, Kepala desa para Pol PP Siaga dan Pol PP Desa untuk bersinergi dalem melaksanakan tugas, terus kelapangan untuk menghimbau apa yang sudah menjadi larangan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang.

Pol PP Siaga dan Pol PP Desa yang telah di bentuk, untuk meningkatkan pelaksanaan tugasnya, ” jelasnya.

Camat Muara Pinang :
– Camat Muara Pinang ada 22 Desa
– Kami di Kecamatan melakukan Apel Gabungan sudah di sampaikan Kepada Seluruh Kepala Desa Agar membubarkan menjual minuman keras dengan modus berjualan di atas motor
– Masalah 3C di Kecamatan Muara Pinang Modus di parkiran dan waktu azan motor (dengan mengendari motor dengan menggunakan tutup kepala)

Jawaban Bupati Empat Lawang :
Agar Camat mengajak Polsek, Kepala Desa dan Pol PP Desa untuk bersama-sama untuk mengamankan Desa masing-masing.

Untuk Polsek melakukan Patroli di jam-jam rawan tindak pidana kejahatan.

Untuk Pol PP Siaga untuk stand by di Kantor Camat sedangan Pol PP Desa untuk siaga di Pos Pos yang telah di tentukan

Tanggapan Kapolres Empat Lawang untuk Kecmatan Sikap Dalam dan Kecamatan Muara Pinang:

Untuk tetap mengutamakan pencegahan Kekompakan antara Camat, Polsek, Kades, dan Pol PP untuk mendukung kebijakan Pemerintah.

Mengenai peredaran Miras sudah ada larangan dari Bupati Empat Lawang, sehingga menjadi bahan untuk Camat, Polsek, Kades, dan Pol PP untuk menindak lanjuti hal tersebut sehingga mengurangi tindakan kriminal.

Masih banyaknya Pos-pos Satpol PP yang kosong sehingga memberi kesempatan kepada tindak pidana kejahatan.

Untuk Kapolsek Laksanakan himbaunan dan tindakan mengenai Perjudian, Miras, dan Acara Malam.

Ketua DPRD Empat Lawang :
Masukan DPRD Kab. Empat Lawang, para camat informasikan kepada kades-kades, untuk membuat BALEHO di setiap Desa masing-masing yang melaksanakan persedekahan (hajatan) sehubungan larangan Acara Malam dan Peredaran Miras.

Giat berakhir sekira pukul 10.40 Wib, Situasi Dalam Keadaan Aman dan terkendali.

CATATAN
– Telah di laksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang di laksanakan oleh Polres Empat Lawang untuk meningkatkan Harkamtibmas di wilayah Kab. Empat Lawang yang bertujuan untuk mengajak Camat, Kapolsek, Kades, Pol PP Siaga dan Pol PP Desa untuk bersinergi dalam pelaksanaan tugas menjaga Keamanan dan ketertiban Masyarakat di wilayah Kab. Empat Lawang, sehingga bisa menurunkan angka tindak kejahatan yang ada di wilayah Kab. Empat Lawang.

Acara berlangsung tertib, Selama giat berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif dan dintutup dengan do’a. (Release/Si Humas Polres EMPAT LAWANG).

Continue Reading

Empat Lawang

Dalam Rangka HUT TNI ke – 77, Polres Empat Lawang dan Polsek Jajaran Datangi Koramil Wilayah Masing – Masing 

Published

on

 394 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG I SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Polres Empat Lawang dan Polsek Jajarannya mendatangi Mako Koramil yang ada di wilayah Polsek masing – masing dalam rangka hari jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 77 tahun 2022.

Para Pejabat Utama (PJU) Polres Empat Lawang mendatangi Komando Rayon Militer (Koramil) 405-01 Tebing Tinggi dalam rangka memberi kejutan untuk TNI di hari Ulang tahun TNI yang ke-77.

Dalam kesempatan tersebut, Kabag SDM Polres Empat Lawang AKP M. Aidil Fitri, S.H., M.M beserta PJU lainnya telah mengadakan serangkaian serimonial dalam rangka menyemarakkan HUT TNI ke – 77.

Para Pejabat Utama (PJU) Polres Empat Lawang menyerahkan nasi tumpeng dan potong tumpeng bersama di halaman Koramil 405-01 Tebing Tinggi.

Mendatangi dan Memberi kejutan dalam rangka hari ulang tahun TNI ke – 77 ini juga dilakukan oleh Polsek Ulu musi dan Polsek Paiker untuk Koramil 405-04/Ulu Musi, Polsek Muara Pinang dan Polsek Lintang Kanan untuk Koramil 405-06/Muara Pinang dan Polsek Pendopo untuk Koramil 405-05/Pendopo.


Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kekompakan TNI-Polri di Wilayah Kabupaten Empat Lawang, yang juga sarana untuk menjalin mempererat tali silaturahmi antara Polres Empat Lawang, Polsek Tebing Tinggi dan Koramil yang ada di wilayah Kabupaten Empat Lawang.


Sementara itu, Danramil 405-01/Tebing Tinggi Tinggi dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Empat Lawang AKBP. Helda Prayitno, M.M dan jajarannya yang telah memberikan kejutan dalam peringatan HUT TNI ke-77. (Rls).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!