Connect with us

Empat Lawang

Perdebatan Tentang Hukum Terjadi di Dunia Jurnalistik, Ini Penjelasannya

Published

on

 1,373 X dibaca,  4 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com – perdebatan tentang hukum yang masih kerap kali terjadi di dunia Jurnalistik , sebagai jurnalistik tentunya kita harus selalu cermat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Perlu diperhatikan dari rumusan ini ada beberapa unsur dalam pengertian pers, yaitu sebagai berikut :

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa. Jadi, yang dimaksud sebagai pers adalah lembaga sosial dan lembaga wahana komunikasi massa.

Pengertian ini merujuk kepada pemahaman bahwa pers adalah merupakan lembaga.

Pers melakukan kegiatan jurnalistik. Artinya lembaga sosial dan wahana komunikasi massa melakukan kegiatan jurnalistik. tanpa kegiatan jurnalistik berarti bukanlah pers.

Pengertian kegiatan jurnalistik meliputi 6M. yakni mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyiarkan informasi berita kepada masyarakat.

Lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang tidak melakukan kegiatan 6M. bukanlah pers.

Pers tidak lagi hanya terbatas pada media cetak, tetapi segala jenis saluran yang tersedia.

Dalam pengertian pers terdapat kata ”semua saluran komunikasi yang tersedia.” apakah dengan demikian semua yang memakai saluran komunikasi yang tersedia termasuk pers ?

Tentu tidak semua saluran komunikasi termasuk katagori pers. ”Saluran komunikasi” hanyalah sarana untuk menyampaikan komunikasi.

Untuk dapat dikatagorikan sebagai pers, proses pengerjaan dan isinya harus memenuhi kaedah-kaedah jurnalistik, termasuk harus menaati Kode Etik Jurnalistik

Pesan Gmail, telephon, Telegram, WhatsApp, Instagram, twitter, Facebook, line. tidak dapat dikatagorikan sebagai pers, sepanjang proses pengerjaan dan isinya tidak mengikuti kaedah-kaedah jurnalistik.

Pemimpin Redaksi media Online Indonesa Netralitasnews.com Likwan Yu Angkatan jurnalis 2010 ini meminta kepada wartawan yang tergabung untuk dapat secara teratur memberikan karya tulisnya sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers pasal 1 angka 4.

Serta selalu memperhatikan hak-hak masyarakat dalam menyuguhkan informasi, sesuai aturan perundang-undangan agar tercapainya kinerja pers yang profesional dan berkulitas serta terhindar dari permasalahan hukum. (Sh-Net03). 

Empat Lawang

Kepala SMPN 1 Tebing Tinggi Turut Mengucapkan HUT PDI-P ke-49

Published

on

By

 208 X dibaca,  22 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com Diketahui pada tanggal 10 Januari 2022, PDI-Perjuangan merayakan Hari Ulang Tahun yang ke – 49.

lantaran berada di situasi pandemi, HUT PDIP ke – 49 dirayakan secara hybrid. Rangkaian acara dimulai dengan upacara bendera pada pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Dalam HUT PDIP yang puncaknya pada 10 Januari 2022, tema yang diangkat adalah “Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya”.

Tema itu dipilih karena PDIP ingin menggelorakan semangat kebangkitan pasca pandemi yang melanda dunia dan Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu.

Kepala SMPN 1 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang turut megucapkan hari ulang tahun PDI-P ke-49 tahun ini.

” Kami keluarga besar SMPN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang mengucapkan selamat hari ulang tahun (PDI-P) ke-49 10 Januari 2022″, Ucapnya belum lama ini. (Red)

Continue Reading

Empat Lawang

SDN 05 Tebing Tinggi diduga Pung-li 70 Ribu

Published

on

By

 2,710 X dibaca,  135 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com Berbagai macam cara yang dilakukan oleh oknum kepala sekolah untuk melakukan pungutan liar di sekolah yang dalam pelaksanaannya diduga tidak mendasar.

SDN 5 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang di duga melakukan pungutan liar kepada wali murid sebesar Rp. 70.000,- (tujuh puluh ribu rupiah)

Hal ini diketahui Berdasarkan Video amatir yang didapatkan oleh pewarta media ini dilapangan. tampak dalam video berdurasi 31 detik dan video berdurasi 8 detik tersebut sejumlah uang pecahan 100.000,-, 50.000,- dan 10.000,- rupiah yang diterima langsung oleh pihak SDN 5 Tebing Tinggi dari dua orang tua/wali murid pada tanggal 3 Januari minggu lalu.

Sesuai dengan data video tersebut, Kepala SDN 5 Tebing Tinggi telah dikonfirmasi tertulis dengan nomor : 035/Red-NNC/IVL/SS/01/2022. namun tidak ada jawaban dari konfirmasi tersebut. hingga berita ini ditayangkan, Kepala SDN 5 Tebing Tinggi belum menjawab Konfirmasi atas dasar apa pihaknya melakukan dugaan pungutan liar tersebut.

Sedangkan pada Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar. sudah jelas bahwa pihak sekolah dilarang melakukan pungutan di sekolah.

Jika benar ada unsur dan benar perihal ini berindikasi Pungutan liar yang melanggar peraturan Presiden tersebut. maka orang tua/wali meminta kepada pihak aparat penegak hukum (APH) di Empat Empat Lawang untuk dapat menyelidiki kasus ini sesuai proses hukum serta undang-undang yang berlaku. (Red). 

Continue Reading

Empat Lawang

Vaksinasi di Kabupaten Empat Lawang Melampaui Target, Bupati akan Berikan Reward

Published

on

By

 420 X dibaca,  25 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com Capaian angka Vaksinasi Kabupaten Empat Lawang sudah melampaui Target yakni sudah 85.77%, dan sudah melaksanakan vaksinasi anak. tenaga kesehatan (Nakes) akan mendapatkan reward (surprize) dari Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan.

Hj. Hepy Syafriani Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan, bahwa saat ini vaksinasi Kabupaten Empat Lawang sudah mencapai 85.77%, sekarang kita sudah berjalan vaksinasi anak.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Empat Lawang, vaksinasi sudah mencapai 85.77%  dan saat ini telah melaksanakan vaksinasi anak yang sudah louncing hari Rabu kemarin, vaksinasi anak juga telah mencapai 25.98%”, Ujar Hj. Hepy Syafriani belum lama ini.

Dirinya banyak mengucapkan  terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten. terimakasih juga kepada TNI, Polri, dan TIM kesehatan serta masyarakat yang telah berjuang tak kenal lelah.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah dari tingkat Desa, Kecamatan, hingga Kabupaten. TNI, Polri dan tim kesehatan serta masyarakat yang telah berjuang tak kenal lelah dalam mencapai target.

Sehingga Kabupaten Empat Lawang mendapat penghargaan tiga besar se Provinsi Sumatera Selatan”, Ujar Kepala Dinas Kesehatan.

Reward telah disiapkan oleh bapak Bupati dan Kadinkes untuk para nakes. reward ini akan diberikan setelah selesai vaksinasi, reward apa yang akan diberikan masih dirahasiakan”. “ Tandasnya. (Red).

Continue Reading

Populer

error: Content is protected !!