Connect with us

Empat Lawang

Perdebatan Tentang Hukum Terjadi di Dunia Jurnalistik, Ini Penjelasannya

Published

on

 2,117 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com – perdebatan tentang hukum yang masih kerap kali terjadi di dunia Jurnalistik , sebagai jurnalistik tentunya kita harus selalu cermat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Perlu diperhatikan dari rumusan ini ada beberapa unsur dalam pengertian pers, yaitu sebagai berikut :

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa. Jadi, yang dimaksud sebagai pers adalah lembaga sosial dan lembaga wahana komunikasi massa.

Pengertian ini merujuk kepada pemahaman bahwa pers adalah merupakan lembaga.

Pers melakukan kegiatan jurnalistik. Artinya lembaga sosial dan wahana komunikasi massa melakukan kegiatan jurnalistik. tanpa kegiatan jurnalistik berarti bukanlah pers.

Pengertian kegiatan jurnalistik meliputi 6M. yakni mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyiarkan informasi berita kepada masyarakat.

Lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang tidak melakukan kegiatan 6M. bukanlah pers.

Pers tidak lagi hanya terbatas pada media cetak, tetapi segala jenis saluran yang tersedia.

Dalam pengertian pers terdapat kata ”semua saluran komunikasi yang tersedia.” apakah dengan demikian semua yang memakai saluran komunikasi yang tersedia termasuk pers ?

Tentu tidak semua saluran komunikasi termasuk katagori pers. ”Saluran komunikasi” hanyalah sarana untuk menyampaikan komunikasi.

Untuk dapat dikatagorikan sebagai pers, proses pengerjaan dan isinya harus memenuhi kaedah-kaedah jurnalistik, termasuk harus menaati Kode Etik Jurnalistik

Pesan Gmail, telephon, Telegram, WhatsApp, Instagram, twitter, Facebook, line. tidak dapat dikatagorikan sebagai pers, sepanjang proses pengerjaan dan isinya tidak mengikuti kaedah-kaedah jurnalistik.

Pemimpin Redaksi media Online Indonesa Netralitasnews.com Likwan Yu Angkatan jurnalis 2010 ini meminta kepada wartawan yang tergabung untuk dapat secara teratur memberikan karya tulisnya sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers pasal 1 angka 4.

Serta selalu memperhatikan hak-hak masyarakat dalam menyuguhkan informasi, sesuai aturan perundang-undangan agar tercapainya kinerja pers yang profesional dan berkulitas serta terhindar dari permasalahan hukum. (Sh-Net03). 

Empat Lawang

HUT RI ke – 77, SDN 26 Tebing Tinggi Raih Juara III Drumband

Published

on

 217 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG, Netralitasnews.com – Demi memeriahkan HUT RI ke – 77 SDN 26 Tebing Tinggi ikut berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan drumband, gerak jalan, dan karnaval. Kamis (18/08/2022).

Tampak hadir kegiatan ini sekda Empat Lawang, kadisdik, staf ahli, beberapa kepala OPD beserta jajaran nya, dan kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA beserta perwakilan guru dan siswa/i.

Start dimulai dari Pulo mas Kelurahan pasar Tebing Tinggi, kegiatan di mulai dari pukul 08.00 Wib sampai ke depan hotel cemerlang finish.

SDN 26 Tebing Tinggi mendapat juara III (tiga) Drumband setelah diumumkan oleh panitia penyelenggara.

Sementara itu, Kepala SDN 26 Tebing tinggi Mas Ayu Fatimah, S.Pd mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih peserta Drumband ini.

” Alhamdulillah, anak drumband kita dapat meraih juara III (tiga) dalam rangka Dirgahayu RI ke – 77 Tahun ini, ‘ ucapnya.

Dari pantauan awak media kegiatan ini sangat meriah. antusias masyarakat begitu tinggi untuk menonton.

Yang turut serta meramaikan kegiatan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun 2022. (HN/Red II).

Continue Reading

Empat Lawang

Jaga Situasi Kamtibmas, Polres Empat Lawang Lakukan Pengawalan Aksi Unjuk Rasa

Published

on

 267 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Anggota Dalmas Polres Empat Lawang melakukan pengawalan dan pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Nanjungan Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang.

Bertempat di Kantor DPRD kabupaten Empat Lawang. Kamis (18/08/2022). Pagi.

Dalam aksi itu, ada ratusan warga Desa Nanjungan yang ikut. mereka melakukan aksi unjuk rasa ke kantor DPRD tersebut dilakukan untuk menuntut dilaksanakan penghitungan ulang dari hasil pilkades Desa Nanjungan.

Pengamanan unjuk rasa ini dilakukan agar aksi tersebut berjalan dengan aman dan kondusif.

Dan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan aksi massa, agar dilakukan sesuai SOP dengan mengedepankan pengaman an yang harmonis. (Rls/Humas POLRES).

Continue Reading

Empat Lawang

Kapolres Empat Lawang Hadiri Resepsi Kenegaraan Dalam Rangka HUT RI Ke – 77

Published

on

 313 X dibaca hari ini

EMPAT LAWANG SUMATERA SELATAN, Netralitasnews.com – Kepala Kepolisian Resor Empat Lawang AKBP Helda Prayitno, M.M hadiri malam Resepsi Kenegaraan.

Dalam rangka memperingati HUT RI ke – 77 Republik Indonesia di
Pendopoan Rumah Dinas Bupati Empat Lawang, Rabu (17/8/2022).

Selain Kapolres hadir pula dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang.

Forkopimda Kabupaten Empat Lawang, Dandim 0405/Lahat, Anggota Paskibraka, Pelatih Paskibraka serta Tamu undangan lainnya.

Malam resepsi Kenegaraan ini merupakan ungkapan rasa syukur dan ramah tamah dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 di Kabupaten Empat Lawang.

Yang berjalan ukses dan lancar dengan situasi kamtibmas aman dan kondusif.

Resepsi kenegaraan hingga selesai berjalan dengan aman dan lancar tanpa adanya hambatan apapun. (Rls/Humas POLRES).

Continue Reading

Populer